Ponsel dengan Chipset Mediatek Rentan Terhadap Spam

truecaller-header2_story

Jakarta – Seorang blogger asal Perancis, telah menemukan banyak smartphone dengan merek tertentu yang didukung dengan chipset Mediatek, rentan mengalami permasalahan shutdown dan restart dengan sendirinya.

Hal tersebut ditemukan, saat pengguna menerima pesan singkat dengan simbol ”=” (tanpa tanda kutip) yang dikirim melalui pesan teks.  Menurutnya, hal ini bisa saja terjadi, karena adanya faktor celah keamanan yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Seperti dikutip dari dari lama situs neowin, rabu (25/06), menyatakan bahwa ponsel Mediatek dengan merek tertentu, rentan terhadap serangan jarak jauh oleh para spamer. Bahkan, hal itu tidak perlu dilakukan dengan sesuatu yang sulit, terkadang bisa juga hanya dengan sebuah simbol.

Menurut laman tersebut juga dinyatakan, bahwa ponsel yang rentan terhadap serangan Spam, dapat mengakibatkan ponsel tidak lagi terpakai. Lebih parah dari hanya sekedar kehilangan fungsi menelepon dan berkirim pesan singkat.

Berikut adalah beberapa smartphone berbasis chipset Mediatek yang telah beredar di pasaran dan rentan terhadap serangan spammer.

daftar MTK

Menurut blog tersebut, pengguna ponsel Mediatek bisa juga melakukan test dengan mengirim pesan yang sama (pengiriman simbol ‘=’), apakah ponsel yang digunakannya juga rentan terhadap serangan Spammer. Meski demikian, bukan berarti bahwa kerentanan itu tidak dapat diatasi. Pengguna bisa menambahkan aplikasi messagging alternatif daripada menggunakan aplikasi SMS standar bawaan. (wnh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0