BBM Masih Jadi Idola Pecinta Chatting

BBM for Android iOS

JAKARTA – Kemunculan sejumlah aplikasi pesan instan yang bisa dipakai oleh pengguna lintas platform tidak serta merta menurunkan pamor BlackBerry Messenger. Berdasarkan data yang dirilis lembaga riset Quettra menunjukkan BBM masih diidolakan para pecinta chatting.

Seperti dikutip dari laman Phone Arena, Kamis (9/4/2015), hampir 82% pengguna ponsel tetap loyal menggunakan aplikasi BBM dalam kurun waktu 90 hari secara terus menerus. Intensitas penggunaan BBM memang menurun dibandingkan 30 dan 60 hari pertama.

Quettra mencatat dalam 30 hari pertama ada 93% dan 82% di 60 hari pertama pengguna BBM yang aktif menggunakan layanan chatting tersebut. Angka ini jauh di atas rata-rata penggunaan semua aplikasi pesan instan yang mencapai 43 persen dalam kurun waktu 30 hari pertama.

Selain BBM, Facebook merupakan aplikasi lain yang juga masih banyak diminati. Quettra mencatat ada 52 juta pengguna Facebook atau sekitar 98% pemilik ponsel masih mengakses situs besutan Mark Zuckerberg itu setelah 90 hari.

Data yang relarif kecil diperoleh dari pengguna Twitter yang diketahui hanya 31% dari 19.4 juta pengguna masih menggunakan aplikasi ini selama 90 hari sejak diunduh. Sementara sekitar 14 persen dari 1.4 juta pengguna Tumblr yanh disurvei Quettra masih loyal mengakses layanan tersebut dalam kurun waktu yang sama.

Dalam riset kali ini Quettra melibatkan sekitar 75 juta pengguna perangkat Android atau setara dengan 6% pemilik ponsel di seluruh dunia. Riset tersebut bukan hanya memantau aktivitas pengguna BBM, tetapi juga 22 aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, WeChat, Snapchat, Tumblr and Twitter.

Tingginya minat pengguna BBM salah satunya tidak terlepas dari keputusan BlackBerry untuk melepas aplikasi yabg selama ini eksklusif untuk perangkat besutannya. Seperti diketahui hingga saat ini BBM telah resmi tersedia untuk perangkat Android, iOS, dan Windows Phone. [EA/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0