BBM Cross-platform Ancam WhatsApp

BBM dan WhatsApp di Android

Jakarta – BlackBerry telah mengumumkan akan memboyong aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) ke Android dan iOS. Langkah ini diyakini akan bisa menggusur posisi WhatsApp sebagai aplikasi instant messaging lintas platform.

Seperti diketahui dalam satu tahun terakhir WhatsApp menjadi aplikasi lintas platform berhasil mencuri hati para penikmat layanan instant messaging. Aplikasi dengan miliaran pesan terkirim tiap harinya ini sukses merangkul pengguna BlackBerry, iPhone, Android bahkan pengguna ponsel Nokia.

Namun kini posisi WhatsApp akan terancam setelah BlackBerry mengumumkan bahwa akan mengubah aplikasi BBM menjadi cross-platform app. Jika rencana ini benar-benar mulai dijalankan, maka bisa dikatakan WhatsApp tidak akan lagi memiliki keistimewaan sebagai cross-platform app seperti sebelumnya.

BBM tentu saja memiliki keuntungan karena masih memiliki nama besar sebagai aplikasi instant messaging yang sangat popular hingga saat ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan antusias pengguna kedua platform tersebut yang begitu besar terhadap rencana dirilisnya BBM untuk Android dan iOS.

Meski sama-sama merupakan cross-platform app, namun nama besar BBM yang telah disandang bertahun-tahun di BlackBerry smartphone tak urung telah menjadi daya tarik tersendiri bagi publik, bahkan bagi mereka yang belum pernah memakai BlackBerry smartphone sekalipun.

Apalagi BlackBerry juga berencana akan menggratiskan BBM di Android dan iPhone. Hal ini tentu saja akan semakin menempatkan BBM lebih unggul dibanding WhatsApp ataupun messenger apps lain yang saat ini tengah menjamur di app store.

Analis dari Jefferis & Co, Peter Misek mengatakan, ia yakin BBM untuk Android dan iOS akan bisa mengubah nasib dan peruntungan BlackBerry yang mulai terpuruk dalam beberapa tahun terakhir, dengan mengambil alih posisi WhatsApp.

“BBM sangat mungkin mampu memperluas ekosistem BlackBerry. Mereka dapat meningkatkan relevansi dan memiliki peluang sangat besar menjadi pesaing terkuat bagi WhatsApp yang telah bernilai begitu tinggi,” kata Misek.

Seperti diketahui, BlackBery telah mengumumkan akan membawa BBM untuk Android dan iOS pada bulan lalu di acara BlackBerry Live. Saat itu BlackBerry mengungkapkan BBM akan mendarat di Apple App Store dan Google Play Store pada musim panas tahun ini atau sekitar bulan Juli-September 2013.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0