BBM akan Punya Fitur VoIP ala Skype

BBM VoIP

Jakarta – Di tengah keterpurukannya, BlackBerry terus mencari cara untuk dapat bangkit kembali. Berbagai cara sudah diupayakan perusahaan asal Kanada tersebut. Mulai dari berjualan handset hingga aplikasi BBM lintas platform. Dan kini BlackBerry kabarnya mulai melirik layanan VoIP untuk BBM.

Layanan berbasis VoIP sebenarnya bukan barang baru. Beberapa pemain besar yang telah lebih dulu menggunakan teknologi ini adalah Skype dan Viber. Kedua aplikasi tersebut cukup sukses meraup banyak pengguna dan tentu saja pengiklan.

BlackBerry sendiri masih berkonsentrasi mengembangkan aplikasi pesan singkat andalannya, BBM, yang telah mereka boyong ke Android dan iOS. BlackBerry sangat berharap bisa meraup keuntungan dengan melepas fitur yang tadinya eksklusif hanya di perangkat BlackBerry itu menjadi tersedia di platform Android dan iOS secara gratis.

Langkah pengembangan BBM lintas platform tak berhenti sampai disitu, karena BlackBerry kemudian membuat BBM Channel sebagai upaya mereka mendapatkan pemasukan. Dan sekarang tampaknya BlackBerry sedang mencari keuntungan dari cara lain, yakni mengembangkan aplikasi VoIP. Layanan VoIP seperti apa yang akan mereka kembangkan?

Dalam sebuah wawancara, Senior Director of BBM Business Development BlackBerry, David Proulx memberikan sedikit bocoran tentang rencana tersebut. Menurut Proulx, layanan VoIP yang akan mereka kembangkan mirip Skype, dan akan jadi fitur di BBM.

“Model Skype adalah salah satu kemungkinan . Ada juga pendekatan lain yang bisa kita ambil dalam hal monetisasi,” kata Proulx, yang telsetNews kutip dari Crackberry, Rabu (7/5/2014).

“Kami masih berinvestasi pada unsur dasar untuk bisa menarik lebih banyak pengguna. Setiap monetisasi didorong oleh basis pengguna yang besar. Ide kami adalah membawa BBM ke sebanyaknya mungkin end-points,” tambahnya.

Namun Proulx belum mau memberikan kepastian kapan waktu peluncuran fitur VoIP untuk BBM tersebut. Terkuaknya informasi ini berarti menambah panjang daftar rencana BlackBerry terhadap BBM.

Sebelumnya juga sudah tersiar kabar bahwa BlackBerry akan menghadirkan fitur chat untuk semua teman tanpa terkecuali, dan membawa BBM untuk Windows Phone dalam beberapa bulan ke depan.

Jika rencana layanan VoIP untuk BBM ini benar-benar terealisasi, maka aplikasi instant messaging buatan BlackBerry itu dipastikan akan semakin menarik. Nantinya Anda pengguna BBM tak hanya ngobrol lewat teks dan suara, tapi juga bisa via video ala Skype.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI