Chipset 10-Core MediaTek Banjir Peminat

MediaTek Helio 10-core chipsetJAKARTA – Beberapa waktu lalu telah dikabarkan MediaTek memamerkan chipset dengan 10-core, yang diberi nama Helio X20. Chipset baru ini ternyata mendapat respon bagus, karena sejumlah vendor besar dikabarkan sudah mengantri untuk menggunakannya.

MediaTek telah memamerkan chipset 10-core buatannya itu dalam sebuah acara khusus di Tiongkok bulan lalu. Dalam acara itu, nampak hadir Xiaomi dan Vivo, yang kabarnya bakal menjadi calon pontensial yang akan menggunakan prosesor Helio X20.

Namun ternyata, seperti dilansir Digitimes, tak cuma Xiaomi dan Vivo saja yang mengungkapkan minatnya menggunakan chipset 10-core buatan MediaTek itu, karena beberapa manufaktur smartphone besar lain juga bakal menggunakan chipset tersebut.

Menurut Digitimes, vendor beberapa lain yang juga berminat memakai chipset kelas flagship 10-core Helio X20 adalah Sony, LG, HTC, Lenovo, ZTE, Huawei dan Meizu.

MediaTek sendiri selama ini lebih dikenal sebagai manufaktur yang lebih banyak membuat chipset untuk entry-level dan mid-range smartphone. Namun chipset Helio X20 dipercaya sebagai langkah perusahaan asal Tiongkok itu masuk ke pasar high-end smartphone, yang bisa mendatangakan keuntungan lebih besar.

Sebenarnya ini bukan pertama kali MediaTek membuat chipset kelas flagship, karena sebelumnya telah ada Helio X10 yang merupakan chipset octa-core dari MediaTek yang menyasar segmen premium. Prosesor ini telah digunakan HTC One M9+ yang belum lama ini dirilis di Taiwan.

Sebagai informasi, MediaTek 10-core Helio X20 adalah chipset pertama di dunia yang menggunakan 10 inti atai core dalam susunan tri-cluster dan diproses dengan menggunakan teknologi 20nm.

Cluster pertama terdiri dari 1,4GHz quad-core Cortex-A53, cluster kedua terdiri dari 2GHz quad-core Cortex-A53 dan cluster ketiga 2,5Ghz dual-core Cortex-A72. Helio X20 juga hadir dengan Mali-T800 GPU, yang diklaim mampu mendukung display QHD.

Chipset dengan 10 core buatan MediaTek ini akan menjadi pesaing serius Snapdragon 810, chipset buatan Qualcomm yang masih mengandalkan prosesor octa -core (8 core). Secara teknologi, Helio X20 bahkan bisa dikatakan sudah di atas Snapdragon 810.

Dengan mengandalkan 10 core, Helio X20 digadang-gadang memiliki performa tercepat saat ini.  Prosesor buatan MediaTek ini dilaporkan mampu mencetak skor performa sebesar lebih dari 70 ribu poin di pengujian AnTuTu.

Pencapain skor tersebut jauh di atas catatan skor Snapdragon 810 dan juga Exynos 7420 yang digunakan Galaxy S6 yang rata-rata hanya mencapai skor 60 ribuan poin. Catatan skor Helio X20 juga melampaui pendahulunya Helio X10 atau MT-6795 octa core, dimana saat pada tes yang sama berhasil mencapai angka 50.000.

MediaTek disebutkan akan mulai memproduksi massal chipset deca-core MediaTek Helio X20 pada akhir tahun 2015 ini. Jika sesuai rencana, maka kita akan bisa melihat chipset yang menggunakan 10-core pada sebuah smartphone sekitar kuartal IV mendatang. So, smartphone apa yang pertama menggunakan chipset 10 otak? Kita lihat nanti. [HBS]

 

 

 

SourceDigitime

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0