MediaTek Pamer Chipset dengan 10 Core

MediaTek MT6795JAKARTA – Perkembangan teknologi bergerak cepat, seiring perkembangan perangkat mobile. Jika saat ini kita sudah mengenal prosesor Octa Core, maka tak lama lagi akan muncul prosesor dengan teknologi 10 Core.

Adalah MediaTek, produsen chipset asal Tiongkok yang dikabarkan tengah menyiapkan chipset chipset baru dengan nama Mediatek Helio X20 yang akan mengusung teknologi 10 core.

Kabar ini bukan cuma sebatas rumor, karena MediaTek telah memamerkan prosesor 10 core buatannya itu dalam sebuah acara khusus di Tiongkok. Dalam acara itu, nampak turut hadir Xiaomi dan Vivo, yang kabarnya bakal menjadi calon pontensial yang akan menggunakan prosesor 10 core besutan MediaTek tersebut.

Prosesor 10 core buatan MediaTek ini akan menjadi pesaing Snapdragon 810, chip buatan Qualcomm yang masih mengandalkan prosesor octa core (8 core). Secara teknologi, Helio X20 bahkan bisa dikatakan sudah di atas Snapdragon 810.

Dengan mengandalkan 10 core, Helio X20 digadang-gadang memiliki performa tercepat saat ini.  Prosesor buatan MediaTek ini dilaporkan mampu mencetak skor performa sebesar lebih dari 70 ribu poin di pengujian AnTuTu.

Pencapain skor tersebut jauh di atas catatan skor Snapdragon 810 dan juga Exynos 7420 yang digunakan Galaxy S6 yang rata-rata hanya mencapai skor 60 ribuan poin. Catatan skor Helio X20 juga melampaui pendahulunya Helio X10 atau MT-6795 octa core, dimana saat pada tes yang sama berhasil mencapai angka 50.000.

Menariknya, catatan skor Helio X10 yang sama berhasil mencapai angka 50.000 itu sedikit lebih tinggi dari Snapdragon 805 yang mencatat skor sedikit di bawah 50 ribu poin.

Seperti diketaui, Helio X10 merupakan chipset octa core dari MediaTek yang menyasar segmen premium. Prosesor ini telah digunakan HTC One M9+ yang belum lama ini dirilis di Taiwan.

MediaTek sepertinya ingin menambah varian prosesor kelas atasnya dengan menyiapkan Halio X20. Dan seperti dilansir PhoneArena, Jumat (17/4/2015), MediaTek disebutkan akan mulai memproduksi missal Helio X20 pada akhir tahun 2015 ini.

Dari sejumlah sumber menyebutkan bahwa Xiaomi dan Vivo sudah mengantri untuk mencoba menggunakan Helio X20 pada smartphone buatan mereka mendatang.

Jika kabar ini benar, maka kita akan bisa melihat Helio X20 yang menggunakan 10 core pada smartphone buatan kedua vendor tersebut sekitar kuartal IV mendatang. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Tips Hindari Serangan Cyber “APT” yang Mengancam Indonesia

Telset.id, Jakarta - Kaspersky mengungkapkan bahwa serangan Advanced Persistent Threats atau APT menjadi ancaman cyber yang serius dan lebih berbahaya bila dibandingkan dengan malware yang ada sekarang....

Sah! Aturan Blokir Ponsel BM Berlaku 18 April Mendatang

Telset.id, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate memastikan aturan blokir ponsel BM atau black market melalui IMEI akan berlaku pada...

Waspada! Serangan Cyber Berbahaya Intai Pengguna di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Kasperksy mengungkapkan adanya peningkatan serangan cyber berbahaya di Asia Tenggara yang terjadi sepanjang tahun 2019. Kaspersky mengatakan, serangan...

Tips Foto Bokeh dengan Smartphone, Biar Lebih Maksimal

Telset.id, Jakarta - Bokeh menjadi salah satu pengalaman fotografi yang umum digunakan pada smartphone saat ini. Tidak seperti dahulu...

Aplikasi Find My iPhone Ungkap Perampokan Berkedok Prostitusi

Telset.id, Jakarta - Fitur Find My iPhone dihadirkan Apple untuk membantu pengguna melacak  perangkat yang hilang atau salah taruh....
- Advertisement -