Bandara Ini Pakai Robot untuk Parkir Valet

Telset.id, Jakarta – Bayangkan jika Anda kesulitan mencari tempat parkir mobil di bandara. Padahal Anda hampir terlambat karena jadwal penerbangan yang mepet. Inilah momen di mana robot bisa menolong Anda menemukan tempat parkir valet. Robot?

Yup, itulah solusi yang ditawarkan Bandara Lyon-Saint-Exupéry, Perancis. Robot bernama Stanley Robots itu digunakan sebagai layanan valet di bandara.

Jika penumpang bandara ingin menggunakan robot valet ini, mereka harus menempatkan mobil mereka di kotak khusus mirip garasi. Salah satu robot valet akan mengambil mobil itu dan membawanya ke tempat parkir.

Sistem lalu akan mengecek informasi penerbangan pemilik mobil. Jadi mereka tahu kapan mobil itu harus dibawa ke kotak garasi khusus itu.

{Baca juga: Alibaba akan Bikin Robot AI Pelayan Hotel}

Menurut Ubergizmo, saat pemilik mobil sampai ke bandara, dia hanya perlu mendatangi kotak garasi itu dan berkendara pulang. Dia tidak perlu susah payah mencari di mana mobilnya diparkir.

Robot valet itu terlihat seperti kotak persegi panjang. Fungsi mereka pada dasarnya adalah sebagai forklift. Mereka memiliki tangan logam yang mengangkat mobil pada bagian roda. Robot ini dikatakan lebih efisien dalam memarkir mobil dibandingkan tenaga manusia.

Stanley Robotics akan mengatur 500 ruang parkir di bandara itu pada awalnya. Tapi mereka berencana mengatur 6000 ruang parkir di bandara.

{Baca juga: Robot Ini Jamin Wisatawan Tak Tersesat Saat Jalan-jalan}

Perusahaan itu belum mengungkap apakah mereka akan menawarkan layanan serupa di bandara-bandara lain di dunia. Tapi mereka melakukan uji coba di Bandara Charles De Gaulle di Paris dan Dusseldorf International Airport di Jerman.

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here