Melaju di Lintasan Balap, Mobil Otonom Masih Linglung

balap mobil otonom

Telset.id, Jakarta – Apakah mobil otonom benar-benar akan menjadi standar baru pada masa depan? Selain jauh lebih aman, mobil tanpa pengemudi juga menghilangkan masalah seperti kesalahan manusia.

Namun, balapan mobil otonom yang diadakan baru-baru ini sepertinya mementahkan anggapan tersebut. Betapa tidak, teknologi mobil tanpa pengemudi ini ternyata belum siap untuk melibas lintasan balap layaknya mobil manual.

Roborace, balapan mobil otonom pertama di dunia yang disiarkan langsung di Twitch, memberi bukti. Mobil-mobil tanpa pengemudi yang menjajal sirkuit langsung menabrak dinding. Mobil tersebut bahkan tampak sangat linglung.

{Baca juga: Duh! Mobil Otonom Tesla Ngebut di Jalanan, Supirnya Malah Tidur}

Untuk beberapa alasan, mobil tersebut memutuskan berbelok tajam ke arah kanan dan melaju tepat ke penghalang lintasan. Beruntung, hanya ada satu mobil di trek balap sehingga tidak terjadi semacam tabrakan karambol.

Seperti dikutip Telset dari Ubergizmo, Roborace melakukan putaran sukses sekitar setahun lalu ketika sebuah kendaraan tanpa pengemudi berhasil melaju mendaki bukit di Goodwood Festival of Speed.

Pertanyaannya, apakah dalam uji coba kemarin ada kesalahan sehingga mobil tampak bingung dan menabrak dinding? Bisa jadi sistem komputer di mobil tersebut gugup karena harus melaju di lintasan balap dan disaksikan ratusan orang.

Setelah gagal melahap sirkuit Roborace, mobil tanpa pengemudi akan melakukan uji coba selanjutnya dalam waktu dekat. Mobil ini bakal mendapatkan pembenahan sistem kemudi otomatis supaya tidak lagi melakukan kesalahan.

{Baca juga: Pertama Unjuk Gigi, Mobil Otonom Apple Langsung Tabrakan}

Insiden mobil otonom yang menabrak sendiri sebenarnya bukan baru sekali atau dua kali saja terjadi. Di masa-masa awal debutnya, banyak kecelakaan terjadi akibat mobil tanpa pengemudi ini. Mulai dari sekedar menabrak tembok, hingga menewaskan orang.

Kita semua tentu tidak lupa dengan insiden yang menimpa Uber dan mobil otonomnya pada 2018 silam, bukan? Kala itu, sang mobil menabrak pejalan kaki hingga tewas. [SN/IF]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here