Awas! Ada “Email Scam” Incar Pengguna iPhone

Telset.id, Jakarta – Sebuah email scam baru sedang membidik para pengguna iPhone. Scam ini akan mencoba mengelabuhi pengguna iPhone agar mereka menyerahkan login Apple mereka.

Scam ini datang dalam bentuk email yang tampaknya berasal dari layanan streaming musik Spotify dan dimaksudkan sebagai konfirmasi pembelian.

Email itu mengatakan bahwa pengguna telah menghabiskan £ 115 untuk langganan premium dan menawarkan hyperlink bagi pengguna untuk ‘meninjau langganan mereka’.

Apabila link tersebut diklik akan mengarahkan pengguna ke halaman yang tampak otentik dan meminta rincian login Apple. Tentu saja, bukan ke Spotify namun langsung ke penjahat siber di balik penipuan.

Penipuan ini juga dibahas sejumlah pengguna Reddit dan menyebutnya sebagai contoh serangan phishing yang mencoba memangsa pengguna teknologi yang kurang cerdas.

“Saya melihat email ini hari ini, saya pikir pengirimnya terlihat mencurigakan, jadi saya masuk untuk melihat apakah saya telah membeli satu tahun Spotify Premium,” kata seorang pengguna Reddit / u / the101maham.

Ia mengaku baru saja mengonsumsi minuman beralkohol, sehingga ia sedikit panik ketika membaca ada email masuk yang menyebut dari Spotify.

“Saya minum tadi malam, jadi saya sedikit panik dan mengklik tautannya. Tapi ketika saya melihat halaman Apple dengan alamat acak saya langsung tahu itu adalah scam,” katanya.

Penyerahan informasi pribadi akan memberikan kendali penuh atas akun Apple. Itu berarti, para penipu akan memiliki akses ke foto, video, atau informasi lain yang disimpan di akun iCloud. Apple mengatakan tidak akan pernah menanyakan kredensial login Anda.

Perusahaan ini juga memiliki halaman khusus yang disiapkan untuk menjelaskan tentang masalah phishing.

“Sebagai aturan umum, jangan pernah mengirim informasi kartu kredit, kata sandi akun, atau informasi pribadi yang luas dalam email kecuali Anda memverifikasi bahwa penerima adalah siapa yang mereka klaim,” kata perusahaan.

Banyak perusahaan memiliki kebijakan yang menyatakan bahwa mereka tidak akan pernah meminta informasi semacam itu dari pelanggan melalui email.

Oleh sebab itu, Apple mengatakan bahwa siapa pun pengguna yang menerima email yang diduga phishing, dapat melapor ke reportphishing@apple.com. [BA/HBS]

Sumber: Metro.co.uk

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here