Astronom Amatir Berumur 77 Tahun Temukan Nukleus Langka

Telset.id, Jakarta  – Seorang astronom amatir berusia 77 tahun telah membantu menemukan nukleus langka. Ia adalah Allen Lawrence, seorang pensiunan insinyur listrik yang mendaftar program astronomi di University of Wisconsin-Madison pada 2011.

Menurut laporan New York Post, pada 2013 ia mulai mempelajari sistem di mana dua galaksi berinteraksi. Galaksi yang lebih besar bernama NGC 4490 atau dijuluki Galaksi Kepompong karena bentuknya. Sementara yang berukuran lebih kecil, diberi nama NGC 4485.

{Baca juga: Ilmuwan Temukan Lubang Hitam Monster di Galaksi Bima Sakti}

Terletak sekitar 30 juta tahun cahaya dari Bumi, seperti dikutip Telset.id, Kamis (13/2/2020), sistem tersebut sekitar 20 persen dari ukuran Bima Sakti. Sekadar informasi, satu tahun cahaya, yang mengukur jarak di ruang angkasa, sama dengan sekitar enam triliun mil.

Sebagai astronom amatir, Lawrence meraih gelar master dalam bidang astronomi dari Iowa State University pada 2018, menggunakan gambar inframerah dari Wide-field Infrared Survey Explorer milik NASA. Tujuannya untuk mengungkapkan galaksi nukleus ganda nan langka di NGC 4490.

“Saya melihat nukleus ganda sekitar tujuh tahun lalu. Galaksi itu belum pernah diamati  atau tidak ada yang pernah melakukan sesuatu dengannya. Saya akhirnya menjadi penemunya,” terang Lawrence dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Iowa State University.

Iowa State University mencatat bahwa beberapa astronom mungkin telah melihat satu nukleus dengan teleskop optik. Namun, yang lain mungkin telah melihat nukleus berbeda dengan teleskop radio. Mereka tidak pernah membandingkan catatan pengamatan nukleus ganda.

{Baca juga: Astronom Jepang Temukan ‘Belalai Gajah Raksasa’ Misterius di Luar Angkasa}

Makalah tentang penemuan tersebut diterima untuk dipublikasikan di Astrophysical Journal. Lawrence adalah penulis pertama. Rekan penulis adalah profesor Iowa State University, Charles Kerton dan Curtis Struck, dan profesor Universitas Tennessee Timur, Beverly Smith.

Simak Video “Ini Dia Samsung Galaxy S20 | Kameranya Bisa Nge-Zoom Bulan?”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI