Apple Watch “Dibully” Para Developer Top

JAKARTA, TELSET.id – Marco Arment, developer kesohor yang berada dibalik berdirinya Tumblr dan Instapaper, menulis sebuah blog yang mendeskripsikan Apple Watch. Menurutnya, jam tangan pintar Apple itu sebagai produk yang membingungkan.

Sejak diluncurkan setahun lalu, Apple Watch cukup banyak mengundang perhatian para penikmat gadget, karena dianggap keren. Namun ternyata, dimata seorang Marco Arment, Apple Watch masih perlu dikaji ulang agar menjadi lebih baik dari saat ini.

“Apple Watch adalah produk yang membingungkan, dirancang seperti iPhone kecil. Apple Watch perlu dikaji ulang agar lebih baik,” kata Arment di blognya, yang dikutip dari Business Insider.

Arment saat ini tak lagi memakai Apple Watch. Dia sekarang lebih suka menggunakan smartwatch buatan Apple itu untuk dibedah ketimbang menggunakannya di tangan.

John Gruber, blogger top Apple, juga tidak lagi menggunakan Apple Watch. Dia meninggalkan Apple Watch sejak November tahun lalu. Terkait dengan postingan Arment, dia pun menyatakan sependapat dengan rekannya itu.

“Kurangnya software merupakan hal besar yang membuat jam mekanis lebih bermanfaat bagi saya,” tulisnya. “Tidak ada listrik, hanya mekanik, mereka lebih tahan dibandingkan software,“ tambah Gruber.

Menariknya, tulisan Arment ini juga mendapat respon dari sejumlah blogger top Apple lainnya, dan juga para pengembang dan pengamat. Mereka pun menyatakan sepakat dengan Arment. Beberapa diantara mereka bahkan menautkan tulisan mereka ke Twitter.

“Sejak pertama kali menggunakannya, perangkat ini sudah terrasa sedikit membingungkan dan canggung. Kadang-kadang terlihat seperti bisa melakukan satu hal, tapi di lain waktu, justru sebaliknya,“ tulis Stephen Pulvirent, reviewer untuk Bloomberg.

“Pada awalnya, itu benar-benar keren. Tapi saya menduga beberapa pembeli akan merasa kewalahan oleh semua hal yang dapat Anda lakukan dengan Apple Watch,” tulis Rachel Metz, dari MIT Technology Review.

Wristly, firma riset, menemukan fakta bahwa beberapa pengguna Apple Watch yang tidak lagi menggunakan produk tersebut rata-rata kecewa pada performanya. Sebab, jam ini butuh aplikasi pihak ketiga yang membingungkan.

Walaupun begitu, Apple masih bisa menepuk dada sebab pada 2015 lalu produk Apple Watch masih tergolong populer, sebab hasil survey mereka menunjukkan 96% penggunanya puas.

Produk Apple Watch memang tidak gila-gilaan menuai sukses, tapi penjualan gabungan antara Apple Watch dan Apple TV naik 40% pada tiga bulan pertama hingga Januari 2016.

Apple sendiri dijadwalkan merilis versi pembaharuan Apple Watch pada Maret mendatang, bersamaan dengan iPhone layar kecil dan iPad Air baru. [VP/HBS]

 

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI