Apple OS X 10.9 Gunakan Nama ‘Mavericks’

Apple OS X 10.9 Mavericks
Apple OS X 10.9 Mavericks

Jakarta – Apple memberikan sedikit kejutan saat Craig Federighi, Apple Senior Vice President Software Engineering memberikan keynote pada acara World Wide Developer Conference (WWDC) 2013, dengan mengatakan bahwa OS X kini menyandang nama baru, yakni ‘Mavericks’.

Nama Mavericks memang tidak pernah terpikirkan oleh banyak orang.Karena selam ini Apple selalu menggunakan nama-nama “kucing besar” untuk Mac OS X, seperti Tiger, Lion, atau Mountain Lion.

“Kami tidak ingin perangkat lunak kami tertunda karena pasokan nama dari kucing besar  berkurang,” kata Federighi melontarkan candaannya, yang dikutip telsetNews dari Cnet, Selasa (11/6).

Dia menjelaskan, sistem operasi baru ini nantinya akan memiliki lebih dari 200 fitur baru termasuk Finder, yakni untuk memudahkan pelacakan file di komputer Mac.

Fitur baru lainnya yang dibawa Mavericks adalah manajemen password pengguna dengan iCloud Keychain, yang dapat menyimpan berbagai informasi pribadi seperti rincian log-in, nomor kartu kredit, dan data sensitif lain yang memerlukan sinkronisasi antar-perangkat.

“Dengan OS X Mavericks ini dapat meningkatkan performa tapi mampu membuat daya tahan baterai lebih kuat,” sebut Craig lagi.

Browser Safari juga mendapat update sehingga diklaim Safari yang sekarang lebih baik dari Chrome dan Firefox.

Mac OS X Mavericks akan tersedia untuk diunduh dari toko aplikasi Mac App Store. Untuk versi developer Mac OS X Mavericks akan tersedia segera. Adapun untuk umum akan tersedia menjelang akhir tahun ini.

Uniknya, sebelum merilis nama Mavericks, pengembang Ubuntu OS juga sudah lebih dulu mengeluarkan produk dengan nama yang hampir sama yaitu Mavericks Meerkat.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0