telset

Apple Resmi Luncurkan iOS 14, Apa yang Baru?

Telset.id, Jakarta – Apple resmi meluncurkan iOS 14 sebagai sistem operasi mobile terbaru. iOS versi terbaru ini membawa sejumlah perubahan pada antarmuka yang mencakup App Library dan Widget yang didesain ulang, serta beberapa fitur baru.

Pembaruan iOS 14 juga dilengkapi dengan dukungan Picture-in-Picture (PiP), yang memungkinkan Anda memutar video di atas layar.

{Baca juga: Gak Jadi Batal, Apple WWDC 2020 Digelar Secara Online}

Apple juga telah membawa Siri yang ditingkatkan kemampuannya dengan tidak lagi memiliki antarmuka layar penuh dan dapat membawa widget ke salah satu layar.

iOS 14 juga hadir dengan aplikasi Translate yang akan menjadi pesaing dari Google Translate, dan menawarkan terjemahan berdampingan dalam dua bahasa yang berbeda.

Pembaruan iOS terbaru juga mencakup pengalaman Pesan baru yang akan menawarkan Memoji baru. Salah satu yang menarik adalah gambar masker wajah.

Pembaruan iOS 14 akan bisa diunduh untuk semua model iPhone yang kompatibel dengan iOS 13. Ini berarti bahwa iOS versi terbaru ini masih bisa berjalan pada iPhone 6s hingga yang paling baru seperti iPhone SE (2020).

Selengkapnya, perangkat iOS 14 yang kompatibel meliputi iPhone SE (2020), iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE.

Salah satu perubahan besar yang dibawa iOS 14 melalui iOS 13 dan semua versi iOS sebelumnya adalah penambahan tampilan App Library yang mengelompokkan beberapa aplikasi secara otomatis pada satu layar tunggal.

{Baca juga: Fitur Paling Dinanti Apple Fanboy Hadir di iOS 14, Apa Itu?}

Pengalamannya mirip dengan beberapa folder pada satu layar beranda. Namun, ini lebih dari sekadar memiliki folder karena Anda akan mendapatkan aplikasi yang diurutkan dalam kelompok – hanya sekali Anda mencapai akhir halaman layar beranda Anda.

“Kami menciptakan cara mudah untuk menyembunyikan halaman,” kata Wakil Presiden Senior Rekayasa Perangkat Lunak di Apple Craig Federighi, saat mengumumkan tampilan App Library di iOS 14.

Ada “mode Jiggle” yang memungkinkan Anda menyembunyikan halaman berbeda dari layar beranda dan memindahkannya ke tampilan Perpustakaan Aplikasi. Mode ini muncul setelah Anda mengetuk titik-titik di bagian bawah salah satu halaman layar beranda Anda dalam tampilan edit.

Secara keseluruhan, tampilan App Library terdengar mirip dengan cara Anda memiliki laci aplikasi pada perangkat Android, meskipun dengan beberapa kecerdasan yang ditawarkan oleh Apple, tentu saja.

Selain App Library, iOS 14 menghadirkan Widget yang didesain ulang yang dapat ditempatkan di halaman layar beranda mana pun.

{Baca juga: iOS 14 Bikin iPad Terbaru Lebih Baik dari Laptop}

Ada juga Galeri Widget yang dapat Anda bawa di atas layar Anda dalam tampilan edit, dengan mengetuk tombol plus dari sisi kiri atas layar.

Selain itu, Anda dapat menyesuaikan ukuran widget untuk menyesuaikannya dengan ikon dan folder aplikasi yang ada. Apple juga telah menghadirkan fitur Smart Stack yang menunjukkan widget berbeda sepanjang hari. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0