Apple “Bercerai” dengan Intel, Mac Gunakan Apple Silicon

WWDC 2020

Situs Apple Covid-19

Telset.id, Jakarta  – Kabar Apple akan “bercerai” dengan Intel memang benar adanya. Di ajang WWDC 2020, Apple resmi mengumumkan Apple Silicon sebagai pengganti Intel di perangkat Mac.

Berpisahnya Apple dan Intel menjadi salah satu kejutan besar yang diumumkan Apple di event WWDC 2020. Meski kabar ini sudah bocor sebelumnya, namun keputusan ini tetap saja mengejutkan banyak orang.

{Baca juga: Fitur Paling Dinanti Apple Fanboy Hadir di iOS 14, Apa Itu?}

“Hari ini sangat bersejarah bagi Mac, karena Mac membuat lompatan besar. Hari ini kami mengumumkan Mac beralih ke Apple Silicon buatan kami sendiri,” kata CEO Apple, Tim Cook, dikutip Telset.id dari GSMArena, Selasa (23/6/2020).

Desas-desus Apple akan menggunakan prosesor buatannya sendiri sebenarnya sudah beredar cukup lama. Raksasa Cupertino itu dikabarkan sudah mempersiapkan prosesornya yang berbasis ARM untuk perangkat Mac.

Apple sendiri dikenal sebagai perusahaan yang selama ini gemar memadukan perangkat keras dan perangkat lunak buatan sendiri, untuk bisa memaksimalkan perangkatnya.

Contohnya, Apple menyematkan chipset dan sistem operasi yang sama pada iPhone dan iPad. Keputusan ini menuai hasil yang memuaskan, karena kedua perangkat tersebut memiliki performa yang maksimal.

Apple nampaknya ingin membawa keberhasilan itu pada lini produk laptop dan desktopnya. Terbukti, hari ini Apple mengumumkan Apple Silicon sebagai penganti Intel di perangkat Mac.

“Apple Silicon akan membawa performa desktop, tapi dengan konsumsi power yang lebih rendah, dengan performa grafis tinggi,” ujar SVP Hardware Technologies Apple, Johny Srouji,

Selain mengumumkan Apple Silicon, Apple juga mengumumkan iOS 14 sebagai sistem operasi mobile terbaru. iOS versi terbaru ini membawa sejumlah perubahan pada antarmuka yang mencakup App Library dan Widget yang didesain ulang, serta beberapa fitur baru.

Pembaruan iOS 14 juga dilengkapi dengan dukungan Picture-in-Picture (PiP), yang memungkinkan Anda memutar video di atas layar.

{Baca juga: Apple Resmi Luncurkan iOS 14, Apa yang Baru?}

Apple juga telah membawa Siri yang ditingkatkan kemampuannya dengan tidak lagi memiliki antarmuka layar penuh dan dapat membawa widget ke salah satu layar.

iOS 14 juga hadir dengan aplikasi Translate yang akan menjadi pesaing dari Google Translate, dan menawarkan terjemahan berdampingan dalam dua bahasa yang berbeda. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here