telset
spot_img

Apple Keruk Pendapatan USD 37,5 Miliar di Kuartal Tiga 2013

Apple Office
Apple Office

Jakarta – Apple baru saja merilis laporan keuangan terbarunya di kuartal ketiga 2013. Dalam laporannya, Apple menyebutkan perusahaan mencatat total pendapatan USD37,5 miliar dan keuntungan bersih sebesar USD7,5 miliar.

Pencapaian tersebut menunjukan terjadi peningkatan sebesar 4,2 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya, namun untuk keuntungan bersih yang didapat Apple mengalami penurunan sebesar 8,6 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Meningkatnya pendapatan Apple di kuartal tiga didorong oleh penjualan iPhone yang mencapai 33,8 juta unit ditambah 14,1 juta iPad, 4,6 juta Mac, dan 3,5 juta unit iPod. Penjualan iPhone disebutkan naik 26 persen, sementara penjualan iPad relatif datar.

Namun Apple tidak menyebutkan secara detail penjualan iPhone maupun iPad untuk masing-masing model seperti iPhone 5S atau 5C yang diluncurkan beberapa bulan yang lalu. Kenaikan pendapatan Apple ini tak lepas karena ditopang penjualan iPhone baru.

Penjualan iPhone, seperti yang telsetNews sitat dari Cnet, Selasa (29/10), mengalami peningkatan di beberapa negara diluar wilayah Amerika Serikat, terutama di China dan Jepang. yang masing-masing naik 24% dan 31% dibanding kuartal sebelumnya atau naik 6% dan 41% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Meningkatkan penjualan produk-produk Apple telah membuat uang kas perusahaan asal Cupertino ini ukut membengkak menjadi sebesar USD146,76 miliar di akhir kuartal lalu. Apple memproyeksikan akan memperoleh pendapatan kotor antara 55-58 miliar dolar di kuartal berikutnya dengan margin keuntungan kotor antara 36,5 – 37,5 persen.

Peningkatan di kuartal ini diperkirakan akan terjadi karena Apple baru saja merilis dua tablet terbarunya yaitu iPad mini 2 dan iPad Air. Dengan mengandalkan kedua iPad baru tersebut, diperkirakan pendapatan Apple akan terdongkrak naik.

Meski Apple berhasil mencatat peningkatan pendapatan, namun keuntungan kotor Apple ternyata turun 37%. Ini merupakan penurunan keuntungan dalam tujuh triwulan secara berturut-turut.

Penurunan keuntungan kotor Apple ini dipengaruhi oleh turunnya margin pada beberapa perangkat buatan Apple, seperti iPad dengan Retina Display dan iPhone 5C atau biasa disebut iPhone versi murah.[HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0