Apple Investasi Miliaran Rupiah Demi Keadilan Rasial

Telset.id, Jakarta – Apple investasi sebesar USD 60 juta atau sekitar Rp842 miliar untuk menantang rasisme sistemik, termasuk upaya pendanaan modal ventura guna mendukung pengusaha kulit hitam.

Apple akan menginvestasikan USD 10 juta diantaranya ke Harlem Capital, sebuah perusahaan ventura berbasis di New York. Adapun tujuannya adalah untuk membantu mendanai lebih kurang 1.000 perusahaan selama periode 20 tahun.

Sementara itu, USD25 juta akan diinvestasikan Apple di Siebert Williams Shank’s Clear Vision Impact Fund, yang menyediakan pembiayaan untuk usaha kecil dan menengah, dengan penekanan kepada perusahaan milik kelompok minoritas.

{Baca juga: Apple Investasi Rp 145 Triliun di Texas, Ini Tujuannya}

“Ada kekurangan keragaman antara modal ventura dan penyandang dana perbankan. Kami mencari tempat yang ada peluang bagi sumber daya kami untuk melakukan hal-hal baik,” kata Lisa Jackson, wakil presiden sosial Apple.

Dikutip Telset dari New York Post, upaya itu merupakan bagian dari inisiatif kesetaraan dan keadilan ras senilai USD 100 juta dari Apple yang diumumkan tahun lalu setelah terjadi kasus pembunuhan.

Pembunuhan tersebut memakan korban Breonna Taylor dan George Floyd, dua orang kulit hitam yang dibunuh oleh polisi. Kematian mereka memicu aksi demonstrasi di berbagai tempat hingga menimbulkan kekacauan.

Apple Sumbang USD 25 Juta untuk Propel Center

apple umumkan produk baru
Tim Cook CEO Apple

Apple menyumbang USD 25 juta untuk Propel Center, fasilitas seluas 50.000 kaki persegi di Atlanta. Kampus dan sekolah kulit hitam akan berkolaborasi dalam program kewirausahaan, pengembangan aplikasi, dan topik lainnya.

Apple membuat dua program hibah untuk membantu merancang kurikulum dan rekayasa perangkat keras untuk sekolah kulit hitam. Apple juga akan mendirikan akademi pertama pengembangan aplikasi di Detroit, AS.

{Baca juga: Apple akan Umumkan Sesuatu yang Besar, Apa Itu?}

Akademi itu menyediakan kursus gratis 10 bulan hingga 12 bulan untuk mengajarkan keterampilan kepada 1.000 siswa per tahun terkait pengkodean, desain, dan pemasaran. Disini, Apple menggandeng Michigan State University. [SN/IF]

 

SourceNYP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -