Apple Buka Pabrik iPhone di India, Indonesia?

Foxconn perakitan iPhoneJAKARTA – Setelah memiliki pabrik perakitan di Tiongkok, Apple sepertinya mulai melirik India sebagai destinasi berikutnya untuk membangun pabrik pembuatan iPhone. Sejumlah media melaporkan bahwa manufaktur terbesar iPhone di Tiongkok, Foxconn, tengah menjajaki kemungkinan akan membangun pabrik di India.

Disebutkan Foxconn sedang mencari beberapa lokasi baru untuk membangun pabrik perakitan iPhone di beberapa negara di luar Tiongkok. Dan dalam laporan terakhir menyebutkan Foxconn akan membangun pabrik barunya di wilayah Maharashtra, bagian barat India.

Kabar ini dikonfirmasi oleh Ketua Menteri negara India, Devendra Fadnavis, yang baru-baru berkunjung ke Tiongkok bersama PM Narendra Modi. Pada kunjungannya tersebut, kedua petinggi India itu mengunjungi fasilitas di pabrik Foxconn di Provinsi Henan, dan mengkonfirmasi bahwa Foxconn akan menanamkan ‘investasi besar’ di daerah Pune atau Aurangabad, India.

Rencana ini tentulah disambut baik, karena akan memberikan kesempatan kerja yang besar bagi warga di negara bagian India tersebut.

“India saat ini menjadi salah satu pasar smartphone terbesar di dunia, tetapi hanya 7 persen dari handset mobile yang diproduksi di dalam negeri. Sisanya diimpor. Foxconn berkeinginan untuk mendirikan sebuah ekosistem lengkap dengan (bahkan) pemasok dan bukan hanya tempat perakitan,” kata Devendra, seperti dikutip dari BGR, Rabu (27/5/2015).

Sebelumnya juga pernah ada laporan yang menyebutkan bahwa Foxconn akan mendirikan pabrik di Gujarat, Noida, dan juga unit percobaan kecil di Andhra Pradesh. Jika kabar ini benar, maka bukan tak mungkin manufaktur iPhone mendatang akan berada di “Negeri Bollywood” itu.

TKDN 40 Persen

SourceBGR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0