Awas! Bug iMessage Bikin iPhone Crash & Reboot

Apple iMessageJAKARTA – Para pengguna iPhone kini harus lebih waspada karena sebuah bug baru telah ditemukan di iOS. Bug di iMessage ini akan langsung membuat iPhone penerima mengalami crash setiap kali teks SMS tertentu diterima.

Seperti dilansir 9to5Mac, Rabu (27/5/2015), jika SMS yang berisi format teks khusus itu diterima saat iPhone dalam kondisi lock screen (layar terkunci), maka akan langsung menyebabkan iPhone Anda reboot secara otomatis, tanpa pemberitahuan atau penjelasan.

Dan harap diketahui, pesan SMS ini tidak hanya cuma bisa dikirimkan pengguna iPhone ke iPhone, tapi juga dari perangkat Android ke iPhone. Biasanya, format SMS seperti ini digunakan oleh orang yang tak bertanggungjawab sebagai sarana balas dendam.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya bug seperti ini muncul di iOS, karena hal serupa pernah terjadi beberapa kali sebelumnya. Kalau Anda masih ingat, bug seperti ini juga pernah ditemukan pada aplikasi WhatsApp oleh dua bocah asal India.

Mirip seperti cara kerja dari bug iMessage, pengguna hanya cukup mengirimkan pesan berisi 2.000 kata dalam karakter khusus, sehingga membuat penerima pesan akan langsung mengalami crash ketika membukanya. Cara ini lebih “praktis”, karena cuma membutuhkan file sebesar 2 kb saja.

Meski hanya membutuhkan file yang lebih kecil, namuan cara ini cukup ampuh membuat si penerima pesan kelabakan. Karena penerima pesan yang mengalami crash baru bisa mengoperasikan aplikasi WhatsApp di handset-nya kembali jika mereka sudah menghapus seluruh data percakapan yang dikirim.

Hingga kini belum ada tanggapan dari pihak Apple tentang bug iMessage ini. Tapi Apple biasanya cepat merilis sebuah update baru untuk memperbaiki bug. Semoga Apple segera bisa merespon dan mengatasi bug iMessage ini. [HBS]

 

Source9to5mac

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0