Cara Gunakan Aplikasi PeduliLindungi di Android dan iOS

Telset.id – Aplikasi PeduliLindungi sudah tersedia di Play Store untuk pengguna Android dan di App Store untuk pengguna iOS (iPhone dan iPad). Itu artinya, aplikasi tersebut sudah bisa digunakan di platform Android dan iOS.

Aplikasi PeduliLindungi sudah tersedia untuk versi Android dan iOS. Anda sudah dapat menginstall, baik melalui Play Store (Android) maupun App Store (iPhone dan iPad).

{Baca juga: Aplikasi Peduli Lindungi Sudah Tersedia di App Store}

Perlu diketahui, aplikasi PeduliLindungi hadir untuk membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Aplikasi ini bisa mendeteksi smartphone lain di jarak yang berdekatan yang juga memasang aplikasi tersebut melalui Bluetooth.

Cara Install Aplikasi PeduliLindungi

Unduh aplikasi PeduliLindungi di Play Store bagi pengguna Android, dan di Apple App Store untuk pengguna iOS dengan klik tombol<Unduh/Instal>

pedulilindungi

 

Kemudian ke tahap selanjutnya klik <Lanjut/Next>

pedulilindungi

 

Setelah proses install selesai dan terpasang pada smartphone, pengguna dipersilahkan untuk mendaftarkan diri di aplikasi dengan mengetuk tombol <Jadi Partisipan>.

pedulilindungi

 

Untuk mendaftar, Anda cukup mengisi nama lengkap dan nomor ponsel yang aktif. Setelah itu, aplikasi akan mengirim One-Time Password (OTP) ke nomor ponsel.

Aplikasi Peduli Lindungi

Selanjutnya, aplikasi akan meminta izin meminta data nomor ponsel untuk dapat menghubungi pengguna. Tujuannya, Peduli Lindungi akan menghubungi pengguna yang memiliki riyawat kontak dengan pasien yang positif Covid-19.

Klik <Saya Setuju> untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

pedulilindungi

Aplikasi akan meminta izin Akses Lokasi dan Akses Bluetooth ponsel. Tujuannya, agar aplikasi bisa mendeteksi atau melacak lokasi perangkat ponsel, klik < Lanjutkan Pengaturan > Anda akan masuk ke pengaturan selanjutnya, untuk memilih pengaturan aplikasi sepanjang waktu,atau hanya pada saat digunakan.

Setelah memilih, klik < Lanjutkan Pengaturan >

pedulilindungi

Pastikan aplikasi PeduliLindungi selalu dalam keadaan terbuka (open), agar aplikasi dapat terus berfungsi. Agar tidak boros baterai, Anda bisa mengakses “Low Power Mode/Battery Saver” melalui menu Setting. Geser tombol sampai menyala untuk mengaktifkan menu Low Power Mode pada ponsel Anda.

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi

Ketika aplikasi PeduliLindungi aktif, pengguna cukup mengaktifkan Bluetooth saja. Sebab, melalui koneksi ini, aplikasi bisa mendeteksi smartphone lain di jarak yang berdekatan yang juga memasang aplikasi PeduliLindungi. Nantinya, akan terjadi pertukaran ID anonim yang akan direkam oleh perangkat masing-masing.

ID anonim tersebut akan berguna ketika pihak rumah sakit ingin melacak mobilitas pasien positif Covid-19, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Indonesia yang ponselnya sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi.

Rumah sakit tinggal melihat siapa saja yang pernah melakukan kontak dengan pasien dan petugas akan menghubungi orang-orang tersebut untuk segera mengecek apakah terinfeksi virus corona atau tidak.

Aplikasi ini akan memberikan notifikasi jika Anda terindentifikasi berada di tempat keramaian dalam waktu yang cukup lama. Aplikasi ini juga akan memberik notifikasi jika Anda berada di zona merah.

{Baca juga: Kominfo Bantah Aplikasi Peduli Lindungi Rentan Diretas}

Maksudnya zona merah adalah area yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan (ODP).

Kemudian yang terakhir, aplikasi PeduliLindungi juga akan memberikan notifikasi apabila Anda tetap berada di zona merah selama 30 menit.

Nah, silahkan Anda mengunduh aplikasi PeduliLindungi, sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19. Keberhasilan dari upaya ini juga bergantung dari keseriusan kita bersama melawan virus mematikan ini.

Kita berdoa semoga pandemi ini bisa cepat teratasi dan kita dapat bekerja kembali dengan normal. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan Anda. Dan jangan lupa untuk tetap #DirumahAja. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0