APJII Minta Diikutkkan Balon Internet Google

Indosat Project LoonJAKARTA –  Kesepakatan kerjasama uji balon internet Google dengan tiga operator seluler Indonesia terus menuai pertanyaan dari banyak pihak. Setelah sebelumnya ICT Watch yang mempertanyakan netralitas teknologi, kini Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) juga ikut mempertanyakan kenapa anggotanya tidak dilibatkan.

Ketua Umum AAPJII, Jamalul Izza mengatakan bahwa secara umum pihaknya mendukung adanya teknologi baru yang diterapkan tersebut, tetapi diharapkan kerja sama itu juga diperluas ke seluruh Penyelenggara Jasa Internet (PJI) Indonesia yang berjumlah 350 penyelenggara.

“Sejak berdirinya APJII 19 tahun yang lalu, kendala mayoritas para PJI adalah infrastruktur terutama last mile untuk menyambungkan pelanggan. Hal ini terbukti dengan porsi penyebaran trafik di antara anggota APJII di mana 70 persen trafik dikuasai oleh 3 operator seluler, sedangkan 30 persen trafik diperebutkan oleh lebih dari 350 PJI,” kata Jamal, dalam keterangan persnya, Minggu (01/11/2015).

Dia tidak bisa membayangkan apabila akses penggunaan balon internet Google ini hanya akan dibatasi pada 3 operator seluler ini, maka ketiga operator tersebut akan semakin memperbesar porsi 70 persennya dan semakin mempersempit kesempatan hidup lebih dari 350 operator PJI lainnya.

Sebagai catatan, operator selular dapat menyelenggarakan jasa akses Internet dengan menggunakan ijin Penyelenggaraan Jasa Internet yang juga dimiliki.

Jamal meminta pemerintah agar akses terhadap media infrastruktur terobosan seperti itu dibuka seluas-luasnya ke seluruh penyelenggara tanpa perbedaan.

Sementara di sisi lain, lanjut dia, sangat disayangkan bahwa mayoritas PJI tidak diikutsertakan dalam kerjasama ini. Padahal pada bulan Juli 2015, APJII sudah secara langsung menanyakan ke Google mengenai keberadaan Project Loon ini untuk kepentingan anggota, namun dijawab tidak tersedia.

Ia menegaskan, sebagai tindak lanjut pihak APJII siap untuk berkomunikasi aktif dengan stakeholder terkait. Dia meyebutkan balon internet adalah terobosan luar biasa dan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat apabila seluruh Penyelenggara Jasa Internet dapat menggunakannya untuk memberikan akses Internet ke masing-masing pelanggannya.

“APJII siap menjadi koordinator bagi 350 anggotanya dalam keikutsertaan uji coba Loon Project,” ujar Jamal menutup keterangannya.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0