Apple Pamer Video Virtual Reality Pertama

Apple VR U2JAKARTA – Setelah beberapa waktu memilih diam tentang masa depan perangkat Virtual Reality (VR) yang mereka kembangkan, Apple secara tiba-tiba memamerkan video konser musik dari grup band U2 360-degree yang sudah tersedia di aplikasi Vrse.

Video ini adalah bentuk kemitraan Apple Music dengan U2  yang juga disebut dengan “The Experience Bus”, yang pada dasarnya adalah konser U2 yang dipersembahkan untuk para penggemar dengan menggunakan perangkat VR Oculus headset dan Beats. Para pengguna bisa melihat dan mendengarkan video musik “Song for Someone”, yang tentunya memberikan pengalaman yang berbeda.

http://twitter.com/RoblemVR/status/659041959751884801/photo/1

Bus yang dilabeli sebagai hasil kerjasama antara U2 dengan Apple Music ini dilengkapi dengan iPad serta Mac untuk mengiklankan video musik serta pengalaman yang menakjubkan.

Video ini dihasilkan dari penggabungan cuplikan video konser band U2 360 degree di atas panggung. Selain itu ditampilkan juga adegan-adegan musisi lain di seluruh dunia yang memainkan instrumen musik di apartemen atau rumah-rumah mereka, yang menghasilkan musik yang indah dan tentunya bagus.

U2 sendiri telah lama menjadi bagian dari Apple Music, dimana grup band asal Inggris ini pertama kali muncul siluet pada beberapa iklan iPod generasi pertama. Kemudian U2 kembali muncul dalam iklan iPod edisi khusus.

Apple sendiri sudah cukup lama menjadi pendukung gerakan sosial “Bono’s (RED) Charity” yang digagas oleh Bono, salah satu pentolan U2, untuk membantu dalam mengobati dan mencegah penyebaran AIDS.

Gerakan amal ini dilaporkan telah berhasil mengumpulkan dana sebanyak USD 320 juta, dari hasil sumbangan para donatur, salah satunya berasal dari Apple.

http://twitter.com/dazthesound/status/658332980235128833/photo/1

Dengan rilisnya video musik VR ini, masih belum jelas apakah Apple memang serius dalam menggarap perangkat VR. Tapi rumornya beberapa bulan lalu Apple mulai mengerjakan projek headset AR (Augmented Reality) setelah mengakuisisi startup AR yaitu Metaio pada awal musim panas. Kabarnya teknologi AR ini akan diterapkan pada mobil Apple yang sedang dikerjakan.

Satu hal yang pasti, meskipun projek ini adalah yang terakhir dengan U2, tapi ini menjadi awal munculnya keikutsertaan Apple pada persaingan perangkat dengan teknologi VR. Beberapa pesaing Apple, seperti Samsung, Google, dan juga Microsoft juga telah menyiapkan perangkat VR mereka.[MFH/HBS]

apple-vr-headset

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI