telset

Android Siap Salip Windows Sebagai “Raja OS”

Telset.id, Jakarta – Satu dekade yang lalu, sistem operasi Microsoft Windows sangat populer hingga seakan tak tersentuh oleh OS lainnya. Tapi kini, posisi Windows sebagai penguasa pasar telah terancam oleh Android sebagai platform paling populer secara global.

Menurut laporan terbaru dari perusahaan analis Statcounter mengungkapkan bahwa Android OS siap menyalip Microsoft Windows untuk menjadi OS paling populer yang dipakai untuk mengakses Internet di seluruh dunia.

Hal yang sangat mencengangkan dari laporan StatCounter ini adalah tingkat pertumbuhan yang dicatat Android sangat mencengangkan, karena hanya dalam waktu lima tahun, Android mampu “menggoyang” posisi Microsoft Windows yang sebelumnya seakan tak tergoyahkan.

Saat ini Windows memiliki pangsa pasar sebesar 38,6% sebagai OS yang paling banyak digunakan ketika mengakses internet. Sementara Android hanya sedikit di bawahnya dengan pangsa pasar sebesar 37,4%. Sebagai perbandingan, tahun 2012 lalu Windows masih memegang pangsa pasar sebesar 82%, sementara Android cuma sebesar 2,2% saja.

“Tidak pernah terpikirkan Android mampu mendekati pangsa pasar Windows pada lima tahun lalu,” kata CEO StatCounter Aodhan Cullen.

Menurut Cullen, hal ini membuktikan betapa pesatnya pertumbuhan sistem operasi mobile, dan bagaimana platform baru tersebut telah mengubah cara orang dalam mengakses internet.

Grafik dari Statcounter juga memperlihatkan bagaimana pergeseran OS secara global. Selain kedua platform tadi, iOS juga mengalami pertumbuhan, meski sangat lambat. Sementara macOS atau yang dulu bernama OS X pertumbuhannya cenderung statis.

Data dari Statcounter mencakup seluruh platform, baik desktop, smartphone, tablet, juga laptop. Untuk ketegori desktop, Windows memang masih menjadi yang paling populer dengan raihan 84% pangsa pasar. [HBS]

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0