Mirip iOS, Android N Juga Ada Fitur Split-Screen

Telset.id, Jakarta – Tidak seperti kebiasaan sebelumnya, Google telah merilis Developer Preview pertama untuk sistem operasi terbaru mereka Android N. Biasanya mulai merilis Developer Preview di bulan Mei, berbarengan dengan acara konferensi tahunan Google I/O.

Tidak diketahui kenapa Google tahun ini tidak mengikuti “pakem” yang sudah mereka jalani selama ini, dengan merilis Developer Preview lebih awal. Namun bagusnya bagi developer justru mereka punya waktu lebih banyak untuk mempelajari Android N. Lalu fitur baru apa saja yang akan dihadirkan Google pada Android N?

Berikut adalah beberapa API dan fitur menarik yang tersedia sebagai bagian dari Android N Developer Preview:

Split-Screen Multitasking

Android N akan memiliki fitur mode multi-window, atau biasa juga sering disebut sebagai split-screen multitasking. Mode ini tidak hanya berfungsi pada tablet, tetapi juga untuk smartphone, dan bahkan televisi.

Fitur Multi Window atau Split View ini mirip seperti pada iOS 9, hanya saja terbatas pada perangkat tablet, yakni iPad Air 2, iPad Pro dan iPad Mini 4. Sementara fitur Multi Window di Android N bisa membagi layar untuk seluruh perangkat Android.

Android N fitur Multi WindowFitur ini memungkinkan Anda untuk dapat menentukan dimensi minimum, untuk mencegah pengguna membuat jendela aktivitas lebih kecil dari ukuran yang diizinkan. Menjalankan mode di multi-window ini mirip seperti kita mengubah mode layar dari landscape ke mode portrait. Selain itu, Anda juga bisa masuk ke mode picture-in-picture pada perangkat seperti TV

Balas pesan langsung dari notifikasi

Fitur baru di Android N ini memungkinkan pengguna untuk dapat membalas pesan atau konten apa saja, langsung dari notifikasi, tanpa perlu membuka aplikasi terlebih dahulu. Metode seperti ini mirip dengan API pada Android Wear. Nantinya setiap aplikasi smartphone atau tablet yang terhubung dengan perangkat wearable Android akan bisa langsung terintegrasi dengan fitur ini secara langsung.

Menyatukan notifikasi

Developer Preview yang dirilis ini juga akan memberi akses bagi para developer aplikasi untuk menyatukan notifikasi dari aplikasi yang sama secara berbarengan. Selanjutnya, notifikasi gabungan tersebut bisa diperluas menjadi sendiri-sendiri, dengan mengetuk tombol baru, atau dengan menggunakan gestur dua jari.

Doze & Project Svelte

Mode Doze yang berperan sebagai penghemat baterai juga akan lebih dikembangkan. Nantinya di Android N mode irit energy ini tak hanya diaktifkan saat smartphone tidak dipakai selama beberapa saat, tetapi akan langsung aktif ketika layar mati.

Pengguna Android juga akan mendapatkan hal baru bernama Project Svelte, yang akan membuat Android N tidak hanya dapat dinikmati oleh perangkat flagship, tetapi juga smartphone kelas low-end.

Java 8

Hal menarik lainnya adalah tentang fitur bahasa Java 8 yang telah dihadirkan untuk Android, dan bisa digunakan melalui Jack compiler.

Google telah merilis factory images untuk Android N Developer Preview pada situs mereka dan kontennya siap didownload untuk Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus Player, dan Pixel C. Tapi Developer Preview ini bukan untuk konsumen smartphone Android biasa, karena hanya untuk para developer saja.

Google memastikan akan mengundang pengguna smartphone umum untuk melihat versi Android terbaru dengan lebih dekat, saat software tersebut sudah masuk tahapan terakhir sebelum dirilis secara resmi ke masyarakat.[HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here