AliveShare 40X Lebih Cepat Dibandingkan Bluetooth

aliveshareJAKARTA – ZTE vendor asal Tiongkok, memperkenalkan salah satu teknologi yang akan digunakan ponsel flagshipnya yakni AliveShare.

AliveShare  merupakan fitur transfer data yang menggunakan teknologi WiFi Direct untuk melakukan transfer berbagai jenis data antar perangkat yang berbeda dengan kecepatan tinggi dan tidak membutuhkan jaringan selular serta data.

AliveShare tidak masuk dalam kategori WiFi atau Bluetooth konvensional. Ia berdiri sendiri, sebagai pengembangan lebih lanjut dari WiFi Direct. Namun buat pengguna awam, mengoprek bagian teknis jaringan WiFi seperti melakukan pairing atau mengakses IP address mungkin cukup membingungkan. AliveShare menyuguhkan kemudahan pemakaian, mempersilakan kita saling berkirim file tanpa internet.

Berkat teknologi nirkabel terbaru, kecepatan AliveShare bisa mencapai 40 kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth. Sebagai contoh, bila menggunakan Bluetooth, satu file lagu format mp3 yang berkisar 5-10MB mampu dikirim dalam hitungan menit, tapi bila menggunakan AliveShare, hanya membutuhkan satu detik.

AliveShare juga memungkinkan pertukaran pesan singkat dengan pengguna lain, atau dengan sekelompok pengguna AliveShare tanpa ada sinyal 3G maupun 4G, yang bisa sangat berguna bila digunakan di daerah pedesaan contohnya, atau di ruang kantor, di mana penggunaan perangkat seluler dan data sangat dibatasi.

Ada empat fitur utama AliveShare di antaranya:

Group Chat: Mirip seperti aplikasi jenis messenger, tapi tidak memakan kuota, Group Chat dalam AliveShare memungkinkan penggunanya untuk bercakap-cakap dan bertukar pesan singkat secara real-time. Group Chat juga dilengkapi fitur emoticon, untuk mengekspresikan perasaan.

Versus Gaming: Rasa bosan akan hilang bila dua pengguna AliveShare saling terhubung dan bermain catur serta match-3 yang seru.

File Sharing: Pengguna bisa saling bertukar file misal film, aplikasi dan musik dengan kecepatan tinggi, tanpa bergantung kepada lalu lintas data 3G/4G.

Change Phone (Data Migration): Apabila pengguna baru saja menggunakan smartphone ZTE, dan hendak memindahkan data-data dari ponsel lama ke yang baru, fitur ini akan melakukannya dengan otomatis, cepat dan praktis.

Awalnya, versi perdana AliveShare diujicobakan sebagai fitur pada perangkat ponsel untuk operator China Telecom. Hanya dalam satu bulan, aplikasi itu digunakan oleh lebih dari 100,000 pengguna, dan terus meningkat.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0