Ini Penjelasan Ilmuwan Soal Aliran Lava Misterius di Mars

Aliran Lava Mars

Telset.id, Jakarta – Para ilmuwan mencoba menjelaskan tentang aliran lava misterius di permukaan Mars. Sebab, bentuk bentang alam tersebut sangat mirip dengan lava dingin yang keluar dari permukaan sejak lama

Mars kini memang menjadi obsesi semua orang yang terlibat di bidang antariksa. Baik NASA dan ESA, siap untuk mengirim misi ke Planet Merah. Para ilmuwan sedang mempelajari setiap aspek geologi, iklim, dan bahkan seberapa sering planet itu bergetar.

Satu pengamatan yang menangkap imajinasi para peneliti adalah aliran lava misterius di permukaan planet Mars. Tim peneliti kini punya penjelasan berbeda. Mungkin, aliran misterius tersebut lebih menarik daripada lava yang mengalir.

{Baca juga: Mars Tertutup Genangan Air Asin Sangat Dingin?}

Dalam sebuah makalah baru yang diterbitkan di Nature Geoscience, para peneliti menjelaskan bahwa hal itu bukan lahar yang keluar dari tanah dan mengalir perlahan di sepanjang permukaan. “Cuma lumpur,” kata ilmuwan.

Menurut mereka, saluran arus besar di medan kuno Mars telah ditafsirkan sebagai produk dari bencana banjir. Penguburan sedimen kaya air yang cepat setelah banjir bisa mengarah kepada sebuah vulkanisme sedimen.

{Baca juga: Tabung Lava di Mars Bisa Lindungi Astronot dari Radiasi}

“Campuran sedimen dan air meletus ke permukaan. Puluhan ribu bentang alam seperti gunung berapi mengisi dataran rendah utara dan endapan sedimen lokal lainnya di Mars,” imbuh mereka, dilansir seperti New York Post.

Di Bumi, seperti dikutip Telset.id, Kamis (21/05/2020), ilmuwan berujar bahwa lumpur mengalir dan perlahan-lahan mengering. Akan tetapi, di Mars, lumpur benar-benar membeku dan mengakibatkan perilaku yang sangat berbeda. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here