Lazada Konfirmasi 1,1 Juta Akun RedMart Bocor Dibobol Hacker

Akun Lazada Redmart Bocor

Telset.id, Jakarta – Lazada memastikan adanya akses tidak sah terhadap 1,1 juta akun pengguna RedMart yang bocor setelah diretas oleh hacker.

Data-data penting seperti alamat email, password terenkripsi, dan sebagian nomor kartu kredit, diklaim berhasil didapatkan oleh hacker.

Dilansir Telset dari Zdnet, Senin (02/11/2020), Lazada telah melakukan investigasi dan menemukan adanya akses tidak sah ke database RedMart yang dihosting di penyedia layanan pihak ketiga.

{Baca juga:  Lazada jadi E-Commerce Favorit untuk Beli Ponsel Baru}

Lazada menjelaskan, data tersebut diperbarui terakhir kali pada Maret 2019. Sejumlah informasi penting berada di sini, seperti nama, nomor telepon, password terenkripsi, dan sebagian nomor kartu kredit. 

E-commerce asal Singapura itu menduga ada sekitar 1,1 juta akun RedMart yang menjadi korban peretasan. 

Juru bicara Lazada pun memastikan kebocoran daya RedMart tidak memengaruhi pengguna Lazada. Pasalnya database RedMart tidak terintegrasi dengan database Lazada. 

Lazada melanjutkan, jutaan data RedMart yang bocor oleh hacker merupakan data-data lama ketika RedMart belum bergabung dengan Lazada.

E-commerce tersebut mengklaim kalau tim keamanan siber perusahaan telah menemukan seseorang hacker yang bertanggung jawab atas hal ini, dan memblokir aksesnya ke database Lazada. 

Lazada pada Jumat kemarin (30/10/2020), telah meminta pengguna untuk keluar dari akun atau logout, serta mengganti password akun mereka. 

{Baca juga: 2,9 Juta Data Pengguna Aplikasi Cermati.com Bocor di Internet}

Lazada pun secara sukarela melaporkan insiden keamanan tersebut ke Komisi Perlindungan Data Pribadi atau Personal Data Protection Commission (PDPC) Singapura dan Kepolisian Singapura.

Sekedar informasi, RedMart adalah layanan grosir online yang cukup terkenal di Singapura. Layanan ini didirikan pada tahun 2011 oleh Vikram Rupani, Roger E. Egan, dan Rajesh Lingappa

RedMart diakuisisi oleh Lazada pada November 2016 dan sekitar Januari 2019 Lazada mengumumkan rencana untuk mengintegrasikan aplikasi RedMart ke dalam platform. (NM/MF) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here