Airbus Perkenalkan Pesawat Tanpa Emisi Berbahan Bakar Hidrogen

Telset.id, Jakarta  – Airbus memperkenalkan desain pesawat tanpa emisi pertama di dunia berbahan bakar hidrogen. Pesawat tersebut kemungkinan bakal mulai beroperasi pada 2035 mendatang.

Dikutip Telset.id dari New York Post, Kamis (24/9/2020), desain ZEROe mewakili tiga pendekatan berbeda tentang bagaimana teknologi dan aerodinamika mengarah kepada penerbangan komersial tanpa emisi.

{Baca juga: Pesawat Airbus A350-900 Bisa “Kepoin” Kamu Saat di Toilet}

Kepala eksekutif Airbus, Guillaume Faury, mengatakan, momen ini bersejarah bagi sektor penerbangan komersial. “Kami akan memainkan peran utama dalam transisi terpenting,” demikian kata Faury.

“Konsep yang kami ungkapkan hari ini menawarkan kepada dunia sekilas tentang ambisi Airbus untuk mendorong visi yang berani demi masa depan penerbangan tanpa emisi,” tambahnya penuh optimistis.

“Saya sangat yakin penggunaan hidrogen, baik dalam bahan bakar sintetis maupun sebagai sumber tenaga utama untuk pesawat komersial, berpotensi mengurangi dampak iklim penerbangan,” sambungnya.

Airbus mengklaim, desain turbofan pesawat tanpa emisi dapat membawa hingga 200 penumpang sejauh lebih dari 2.000 mil. Konsep turboprop akan memiliki kapasitas dan jangkauan 50 persen lebih rendah.

{Baca juga: Unik! Airbus Luncurkan Pesawat Mirip Ikan Paus}

Desain paling khas tampak di pesawat “blended-wing body”, yang memiliki sayap menyatu dengan badan utama. Pesawat akan didukung oleh mesin turbin gas yang dimodifikasi yang membakar hidrogen cair. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI