Unik! Airbus Luncurkan Pesawat Mirip Ikan Paus

Pesawat Airbus Beluga XL (Reuters/Regis Duvignau

Telset.id, Jakarta – Anda pasti tidak akan menyangka, desainer pesawat akan mengambil inspirasi dari makhluk laut. Pabrikan pesawat terbang Airbus baru saja meluncurkan sebuah kapal kargo raksasa bernama BelugaXL, yang menyerupai ikan paus.

Pesawat yang dibaratkan seperto Leviathan (monster yang disebut dalam Alkitab Ibrani) ini baru saja melakukan penerbangan perdananya Kamis (19/7/2018) dari Bandara Toulouse di Perancis. Penerbangan perdana ini ditonton oleh sekitar 10.000 orang.

Bentuk bulatan aneh pada pesawat ‘ikan paus terbang’ ini dapat mengemas dalam jumlah besar kargo. Bagian kokpitnya berada di bagian bawah hidung pesawat, dan bisa dibuka pada saat melakukan pengisian muatan.

Karyawan Airbus diminta untuk melakukan voting guna memilih desain yang mungkin untuk pesawat itu, hingga akhirnya dipilih desain menyerupai kartun cetacea.

“Keenam desain yang kami usulkan, dipertimbangkan oleh karyawan untuk menghormati identitas merek kami dan mencoba keluar dari desain konvensional ke sesuatu yang tidak biasa, bahkan kami menambahkan sentuhan menyenangkan,” kata Tim Orr, kepala branding di Airbus.

Penerbangan perdananya terbukti menarik perhatian masyarakat, terutama bagi para pengguna akun media sosial. Bahkan akun media sosial resmi Airbus,men-tweet sebuah lelucon, ‘Whale done guys’ dan juga kalimat lelucon lainnya, “Whale, whale, whale… That’s a lovely day for a maiden flight, don’t you think?”

Pesawat berbentuk lucu ini memiliki berat 125 ton dan dapat mengangkut kargo hingga 53 ton dengan jarak lebih dari 2.500 mil. Pesawat ini menggunakan dua Rolls-Royce Trent 700, mesin Turbofan yang satunya senilai £ 530 juta.

The BelugaXL memiliki panjang enam meter lebih panjang dan lebih lebar satu meter bila dibandingkan transport BelugaST, serta dapat membawa enam ton kargo lebih banyak. [BA/HBS]

Sumber: Metro

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here