Ada Teknologi Augmented Reality di Aplikasi ‘BII Maybank2u’

20150914_115805-1JAKARTA – Tingginya tingkat pertumbuhan mobile banking, dimana secara global diketahui mencapai 28 persen dan domestik (Indonesia) 11 persen, tak bisa dipungkiri lagi menjadi alasan bagi PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) untuk meluncurkan aplikasi mobile banking teranyarnya. Diberi nama BII Maybank2u, aplikasi berbasis internet ini bisa diunduh baik melalui platform Android maupun iOS.

Hadir dengan berbagai fitur unggulan yang memberikan manfaat lebih kepada para nasabahnya, BII Maybank2u diakui Lani Darmawan, Direktur Perbankan Ritel BII, selaras dengan misi humanising financial services, khususnya dalam menyediakan kenyamanan dalam mengakses layanan dan produk perbankan yang sesuai dengan kebutuhan dan mobilitas nasabah.

Didesain untuk memenuhi kebutuhan finansial nasabah, BII Maybank2u dapat digunakan untuk mengakses semua portofolio bank secara pribadi, mulai dari tabungan, giro, deposito, kartu kredit hingga pinjaman, termasuk kredit tanpa agunan (KTA) dan kredit pemilikan rumah (KPR).

“Itu belum termasuk kemudahan lainnya seperti mengakses informasi mutasi rekening hingga 3 bulan terakhir dan mengetahui informasi kurs valuta asing serta melakukan simulasi pinjaman KPR,” ungkap Gusnawan Tjan, Head E-Channel BII dalam acara peluncuran yang berlangsung di Mid Town, Jakarta, Senin (14/9/2015).

Menariknya lagi, nasabah juga akan disuguhi oleh teknologi Augmented Reality, yang disematkan BII di dalam aplikasi BII Maybank2u. Augmented Reality sendiri, atau dalam bahasa Indonesia disebut Realitas tertambah merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikannya dalam waktu nyata.

Di sini, teknologi AR memungkinkan nasabah bisa mendapatkan informasi lokasi ATM BII dan kantor cabang BII terdekat serta promo BII. Disamping tentu saja dapat mengakses informasi saldo, melakukan berbagai transaksi pembayaran dan top up pulsa.

“Dengan fitur-fitur yang lengkap itu, BII Maybank2u tidak ubahnya internet banking dalam genggaman, yang mendukung mobilitas nasabah untuk melakukan transaksi perbankan apa saja dan di mana saja,” tambah Stefanus Willy Sukianto, Head, Wealth Management, Segment Strategy & E-Channel BII.

Lalu bagaimana dari sisi keamanannya? Seperti diuraikan Gusnawan lagi, BII Maybank2u mempersenjatai diri dengan TAC (Transaction Authorization Code), yaitu pengaman transaksi finansial berupa kode konfirmasi yang selalu berganti setiap kali transaksi dilakukan dan dikirim melalui SMS ke nomor ponsel nasabah. Disamping itu, aplikasi ini juga didukung keamanan berlapis yang dilengkapi fitur security image dan security phrase.

Sebagai aplikasi yang didesain untuk memenuhi gaya hidup nasabah, selain menginformasikan program promo BII, BII Maybank2u juga terhubung dengan media sosial twitter @biifriends dan facebook BII Friends. Untuk dapat mengakses BII Maybank2u, nasabah dapat melakukan registrasi di ATM atau cabang BII serta mengunduh aplikasi BII Maybank2u di Google Play Store dan iOS App Store.

Penyediaan layanan BII Maybank2u tidak terlepas dari peran BII sebagai perintis di bidang perbankan elektronik. Sebelumnya, yakni pada 1998, BII menjadi bank pertama yang menyediakan layanan internet banking. Kemudian pada 2003, BII menjadi bank lokal pertama yang menyediakan layanan setoran tunai melalui CDM (Cash Deposit Machine). Pada 2011 BII meluncurkan BII Mobile Banking dengan platform terkini, dan pada 2013 BII meluncurkan BII Mobile Banking berbasis SMS dengan metode enskripsi. [IF]

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI