Jaringan 4G LTE Telkomsel Jangkau Desa Tertinggal Indonesia

Jaringan 4G LTE Telkomsel Desa Tertinggal

Telset.id, Jakarta – Telkomsel menghadirkan jaringan 4G LTE di desa-desa yang masuk wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terpencil (3T) di Indonesia. Tujuannya, untuk mendukung meningkatkan kualitas layanan dan mendukung adaptasi kebiasaan baru alias new normal.

VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, menjelaskan bahwa Telkomsel menaruh perhatian yang besar terhadap pemerataan layanan telekomunikasi dan adaptasi kebiasaan baru melalui teknologi.

Berbagai inisiatif dihadirkan, seperti Telkomsel Merah Putih yang menjadi solusi bagi masyarakat untuk menikmati standar kualitas jaringan yang sama antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

{Baca juga: Maknai Sumpah Pemuda, Telkomsel Gelar Lomba Video Pendek}

“Kehadiran akses jaringan 4G LTE menjadi penting agar seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat teknologi untuk menjalani kegiatan belajar jarak jauh hingga berjualan secara daring,” kata Denny.

Melalui keterangan resmi yang diterima Telset.id pada Senin (19/10/2020), Telkomsel melakukan perluasan ketersediaan jaringan 4G di Indonesia secara menyeluruh ke pelosok-pelosok desa tertinggal di Indonesia.

Operator tersebut sudah melakukan perluasan layanan 4G LTE di Desa Pasiah Laweh, Sumatera Barat, dengan memanfaatkan infrastruktur Compact Mobile BTS (COMBAT). Inisiatif tersebut memudahkan masyarakat di desa tertinggal untuk menikmati akses jaringan 4G LTE dari Telkomsel.

Infrastruktur COMBAT juga digunakan untuk menghadirkan jaringan 4G di Desa Woloklibang, Nusa Tenggara Timur. Desa ini cukup terpencil karena butuh satu jam perjalanan laut dan tiga jam perjalanan darat untuk sampai di sana.

Telkomsel menanggapi kesulitan akses internet di Desa Petir, DI Yogyakarta. Solusi yang diberikan adalah dengan memasang alat penguat sinyal atau repeater sebagai optimalisasi jaringan Telkomsel yang sudah ada di wilayah tersebut.

Telkomsel pun turut untuk memperluas ketersediaan akses broadband 4G di Desa Nain, Sulawesi Utara. Desa yang berada di pulau kecil di sebelah utara Taman Nasional Bunaken tersebut kini dapat menikmati layanan 4G LTE.

Untuk menghadirkan layanan 4G LTE di Desa Nain, Telkomsel meningkatkan transmisi dan teknologi dengan mengalihkan akses yang sebelumnya melalui satelit menjadi lewat IP Radio yang termasuk ke dalam infrastruktur BTS Merah Putih.

{Baca juga: Dukung PJJ, Telkomsel Terjunkan Mobile BTS di Desa Pasiah Laweh}

“Telkomsel menaruh perhatian yang besar terhadap pemerataan layanan telekomunikasi di seluruh Indonesia,” tambah Denny.

Denny berharap semoga perluasan jaringan 4G LTE Telkomsel dapat mendukung upaya Kementerian Kominfo untuk menghadirkan jaringan 4G di seluruh desa di Indonesia.

“Berbagai inisiatif yang selama ini dilakukan Telkomsel juga diharapkan mampu mendukung pemerintah melalui Kementerian Kominfo yang tengah mengupayakan ketersediaan jaringan 4G di seluruh desa di Indonesia pada 2022,” tutupnya. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here