4 Hal Menarik dari Mac Pro 2013

Mac Pro
New Appe Mac Pro

Jakarta – Perhelatan World Wide Developer Conference (WWDC) 2013 resmi telah digelar Apple. Pada acara tersebut, Apple mengungkap beberapa terobosan barunya. Sebut saja Mac OS X Mavericks, iOS 7, MacBook Air dengan Haswell, serta Mac Pro.

Namun berbeda dengan produk lainnya yang mendapat sorotan lebih banyak, Mac Pro justru jauh dari sorotan karena Apple memang tidak mengeksposnya di atas panggung acara WWDC pekan lalu.

Sebagian orang mungkin suka rancu saat mendengar Mac Pro dan MacBook Pro. Yup, Mac Pro memang bukan laptop MacBook Pro, melainkan workstation computer atau server terbaru besutan Apple.

Yang menarik dari Mac Pro adalah karena perangkat ini memiliki desain yang unik, berbeda dari Mac Pro keluaran tahun lalu ataupun dengan desain server pada umumnya yang sering kita lihat. Ya, desain Mac Pro 2013 lebih mungil dan bentuknya mirip sebuah kapsul.

Meski desainnya mungil, namun Apple membekali perangkatnya ini dengan kekuatan yang besar. Di dalam Mac Pro yang mungil itu, Apple membenamkan prosesor selevel Xeon atau lebih dari 12 cores, ECC memory dan ports Thunderbolt 2. Ports tersebut diklaim mampu dipakai hingga 3 display ultra-high-definition. Meski saat ini masih sulit ditemukan display dengan spesifikasi setinggi itu.

Selain memiliki spesifikasi yang gahar dan desain yang unik, ada beberapa hal menarik yang perlu Anda ketahui dari Mac Pro 2013. Mau tahu apa saja itu? Simak ulasannya dibawah ini yang telsetNews kutip dari Mashable, Selasa (18/6):

1. Bentuknya silinder karena komponen di dalam

Di bagian tengah Mac Pro terdapat core yang mudah sekali panas, bentuknya segitiga-prisma. Dengan bentuknya yang silinder, maka akan ada banyak ruang kosong di dalamnya untuk sirkulasi udara. Masing-masing chip di dalam Mac Pro dibaut di sisi flat dari circuit board sehingga sebagian besar menonjol keluar. Meski kelihatannya aneh, namun susunan seperti itu merupakan solusi yang sangat baik untuk mengeluarkan panas yang dihasilkan di dalam Mac Pro.

2. Udara dibuang ke atas, tidak ke bawah

Pengguna komputer sering dibuat tak nyaman oleh suara berisik yang berasal dari kipas di CPU. Namun saat Anda menggunakan Mac Pro, suara berisik itu tidak terdengar. Hal ini disebabkan kipas Mac Pro menghisap udara ke dalam bagian inti ventilasi dan selanjutnya didorong ke atas melalui ruang penghasil panas.

3. Casing Alumunium, bukan plastik

Kalau dilihat sekilas casing Mac Pro yang berwarna kelabu tua nampak seperti dari bahan plastik. Tapi ternyata material casing yang digunakan adalah dari bahan alumunium. Dan Anda tak perlu khawatir, meski terlihat solid, namun bahan tersebut tidak membuat Mac Pro menjadi berat.

4. Tanpa power brick

Meski bentuknya silinder seperti kapsul, namun Apple tetap memberikan kemudahan bagi penggunanya, karena casing Mac Pro bisa dengan mudah dibuka. Dengan begitu, Mac Pro akan mudah dibersihkan atau juga saat ingin diperbaiki bila terjadi masalah.

Selain itu, letak memory card-nya juga terlihat dengan jelas dan mudah dijangkau. power suply Mac Pro telah tertanam di dalamnya. Artinya, Anda bisa dengan mudah menancapkan kabel ke sumber listrik di tembok untuk menghidupkannya. Lebih jelasnya, tidak diperlukan adaptor berukuran besar seperti umumnya CPU. [HBS]

Mac Pro
Apple Mac Pro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0