Microsoft Cortana, Asisten Pribadi Pesaing SIRI

tro-ly-ao-cortana-cho-windows-phone-goi-cam-trong-ban-beta-134-1389933491-52d8b3b35d3a8Jakarta – Tahun 2014 tampaknya akan menjadi akhir dari penantian panjang para pengguna Windows Phone. Apalagi kalau bukan terkait Cortana, asisten pribadi besutan Microsoft yang digadang-gadang akan menjadi tandingan Siri dan Google Now.

Setelah dikabarkan akan dirilis bersamaan dengan update Windows Phone 8.1 April mendatang, Cortana akhirnya mengungkap tampilan serta cara kerjanya, dan menunjukkan sedikit apa yang dapat Anda harapkan dari ‘tiruan’ Siri.

Dikutip dari The Verge, Selasa (4/3/2014), Cortana nantinya tak hanya memungkinkan pengguna Windows Phone untuk mengatur bagaimana mereka ingin dibantu oleh “asisten pribadi”-nya ini, tetapi juga dapat memanggil pengguna dengan nama mereka atau nama panggilan seperti “Master Chief” dan sebagainya setelah fungsinya diaktifkan dalam pengaturan.

Tak hanya itu, Cortana juga dapat menyimpan informasi dan data dalam sistem Notebook, sehingga memungkinkannya mengakses informasi seperti data lokasi, perilaku, informasi pribadi, pengingat, dan informasi kontak. Disamping, dapat juga melacak penerbangan atau mention lainnya dalam email, yang memungkinkan untuk menghasilkan pemberitahuan yang mirip dengan Google Now.

Secara garis besar, fungsi asisten pribadi milik Microsoft ini hampir sama dengan Siri ataupun Google Now, yakni pencarian dan juga perintah suara. Namun, Microsoft mengklaim bahwa Cortana akan hadir dengan kemampuan yang lebih canggih. Tak ubahnya karakter Cortana dalam seri game Halo, yang tak hanya sekadar bisa menerima perintah, tapi juga belajar, beradaptasi, dan membalas semua ucapan dengan perkataan yang natural serta terdengar pintar.

Tak tanggung-tanggung, Cortana bahkan disebut-sebut tak hanya akan menyambangi smartphone, tetapi juga perangkat Windows lainnya seperti komputer desktop, laptop dan tablet PC. Well, kita tunggu saja nanti! (IDA/HMZ)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI