10 Inovasi Baru di Google I/O 2016

Telset.id, Jakarta – Google baru saja selesai menggelar konferensi Google I/O pada 18 – 20 Mei 2016 lalu. Beragam teknologi dan aplikasi baru yang menarik dipamerkan dalam ajang tahunan tersebut.

Setiap tahun Google selalu menggelar perhelatan Google I/O sebagai ajang bertemunya para developer yang ingin memamerkan hasil karya mereka. Di acara ini juga Google memperkenalkan beberapa aplikasi baru atau pengembangan dari aplikasi-aplikasi yang sudah ada.

Ada banyak sekali aplikasi yang dipamerkan di event ini, namun Telset.id mencatat ada sekitar 9 inovasi baru menarik yang layak untuk di highlight dari ajang Google I/O.

1. Google Assistant

Google Assistant sejatinya adalah pengembangan dari fitur Google Now yang ada di perangkat Android. Aplikasi ini dirancang agar orang bisa berbicara dengan mesin.

Saat mengumumkannya di atas panggung pada hari pertama konferensi, CEO Google Sundar Pichai mengatakan bahwa dibalik Google Asisstant terdapat mesin kecerdasan buatan yang dapat merespon dan memberikan jawaban sesuai konteks pertanyaan.

Selain itu, Google Assistant juga dapat menganalisis secara mendalam berbagai informasi yang Anda cari, dan menyesuaikan pengalaman aplikasi Google untuk setiap kebutuhan Anda.

Misalnya Anda ingin tahu film apa yang sedang tayang di bioskop, Anda dapat mengatakan “what’s playing tonight?”, maka Google Assistant akan menjawab dengan memberikan rekomendasi film yang sedang tayang di bioskop.

Diajang I/O 2016, Google secara khusus memperkenalkan platform baru yang nampaknya lebih canggih dari Google Now. Platform bernama Google Assistant ini dilaporkan dapat melakukan pencarian kontekstual, analisis mendalam dari informasi yang Anda cari, dan menyesuaikan pengalaman aplikasi Google untuk setiap kebutuhan Anda.

2. Google Home

Google HomeEra Internet of Thing disambut Google dengan membuat inovasi yang dapat menghubungkan semua perangkatnya dengan mesin kecerdasan buatan. Salah satu bukti ambisi Google tersebut adalah perangkat yang mereka namakan Google Home.

Google Home merupakan produk smart home baru. Perangkat berbentuk seperti botol merica yang berukura besar ini adalah speaker kecil yang dirancang untuk dapat berinteraksi dengan penghuni rumah. Hal itu dapat dilakukan karena Google Home memiliki mesin kecerdasan buatan layanan Assistant.

Dengan speaker pintar ini, pengguna bisa mengintegrasikan smartphone atau tablet yang mereka gunakan dan bisa dikendalikan dengan perintah suara. Berbagai aplikasi Google, seperti Gmail, Calendar dan Maps bisa terhubung pada Google Home. Anda misalnya bisa mengatur berbagai schedule kegiatan selama seminggu lewat Google Home.

SourceTNW

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0