Cara Jalankan Windows 95 di Mac untuk Nostalgia

Telset.id, Jakarta – Aplikasi untuk menjalankan Windows 95 di komputer Mac milik Apple berhasil dikembangkan oleh seorang pengembang Slack, Felix Rieseberg.

Aplikasi buatan Slack untuk menjalankan Windows 95 di Mac itu diberi nama Electron. Menggunakan aplikasi ini, pemilik Mac bisa nostalgia dengan tampilan Windows 95. Bagaimana caranya?

Setelah instalasi, seperti Telset kutip dari Apple Insider, aplikasi boot langsung ke desktop dengan suara startup yang sangat terkompresi.

Riesberg adalah pengembang Slack yang membuat program tersebut sebagai proyek hobi. Deskripsi Github menyebutnya sebagai versi lengkap Windows 95.

BACA JUGA:

Program itu bekerja tanpa banyak masalah di macOS. Menu Bar menawarkan beberapa kontrol jika ternyata terjadi kesalahan yang memerlukan upaya reset.

Cukup tekan tombol Escape untuk melepaskan mouse dari aplikasi kembali ke macOS. Permainan Solitaire, Microsoft Paint, Minesweeper, Hearts juga ada di sini.

Tak hanya itu, Doom juga bisa berjalan di dalam aplikasi meski beberapa pengaturan perlu diubah. Aturlah resolusi ke 640×480 di 256 warna sebelum meluncurkan game.

Untuk mendapatkan aplikasi, navigasikan ke halaman Github dan gulir ke bawah ke bagian unduhan. Pemasang atau instalasi macOS berada di tengah tabel.

Sekadar informasi, Windows 95 adalah sistem operasi hibrida 16-bit/32-bit yang diproduksi oleh Microsoft serta diperkenalkan pada 14 Agustus 1995.

Windows 95 diperkenalkan menggunakan rancangan menu Start, yakni menu nan inovatif untuk mengakses grup program alias pengganti Program Manager.

Diperkenalkan pula Windows Explorer sebagai pengganti File Manager, dukungan plug-and-play, dukungan program aplikasi MS-DOS serta Windows 16-bit.

Terdapat juga Windows 32-bit dan dukungan bagi nama-nama berkas panjang, yang mendukung penamaan hingga 256 karakter dan browser Internet Explorer.

Windows 98 adalah produk kedua yang diperkenalkan Microsoft pada 1998. Windows 98 terdiri atas dua jenis, Windows 98 dan Windows 98 Second Edition.

BACA JUGA:

Windows tersebut menggunakan Mirosoft Office 1997. Windows Millennium Edition adalah produk terakhir dari Microsoft dengan kernel 9x (monolothic).

Produk itu sebenarnya bagus. Sayang, fitur keamanannya mudah diterobos. Dengan Windows Update, Microsoft ME bisa menambahkan produk asli Microsoft. [SN/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0