HOW TO

Kirim Foto & Video di WhatsApp Bisa Terhapus Otomatis, Begini Caranya

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – WhatsApp bakal menghadirkan fitur View Once yang memungkinkan pengguna melihat kiriman foto atau video hanya sekali saja. Fitur ini diklaim dapat menjaga privasi pengguna WhatsApp.

Dilaporkan oleh WABetaInfo, fitur View Once di WhatsApp bakal menghapus foto atau video yang dikirim pengguna secara otomatis, ketika penerima sudah melihatnya.

Fitur ini sebenarnya sudah sempat dikatakan oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg dan CEO WhatsApp, Will Cathcart pada awal Juni 2021.

Dilansir Telset pada Kamis (1/7/2021), saat itu keduanya menjanjikan bahwa WhatsApp akan menghadirkan beberapa fitur baru dan salah satunya adalah View Once.

{Baca juga: Whatsapp Web: Cara Menggunakan di Browser, Hingga Video Call Rame-rame}

Tampaknya pada awal Juli 2021, janji tersebut ditepato. Pada awal peluncuran, View Once hadir di WhatsApp untuk Android yang ada di versi terbaru 2.21.14.3.

Fitur ini tersedia hari ini untuk semua penguji beta Android. Jika Anda tidak melihat fitur ini, harap tunggu pembaruan berikutnya di Google Play Store. Sementara update untuk iOS beta tester akan menyusul kemudian.

Cara Kerja Fitur View Once WhatsApp

Sambil menunggu fitur View Once hadir di ponsel Anda, berikut ini kami akan tampilkan mengenai bagaimana menggunakan fitur View Once:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan pilih foto atau video yang ingin Anda kirimkan. Anda bisa memilih foto atau video yang ada di galeri ponsel.
  • Setelah itu pada menu Add Caption akan muncul ikon angka 1 di bagian kanan ponsel. Ketuk ikon tersebut.
Fitur View Once
  • Kemudian akan muncul pop-up yang berisi informasi bahwa fitur View Once telah aktif.
  • Lalu silakan kirim foto atau video tersebut kepada penerima yang dituju. Nantinya setelah penerima berhasil membacanya, maka foto atau video akan otomatis terhapus secara otomatis.
Fitur terbaru WhatsApp

Perlu diketahui ada beberapa hal penting yang berkaitan dengan fitur View Once. Pertama jika Anda menonaktifkan centang biru, penerima masih akan melihat apakah Anda telah membuka foto atau video yang disetel untuk dilihat sekali.

{Baca juga: Trik Menggunakan Dua Akun WhatsApp di Satu HP Android}

Akan tetapi Anda tidak dapat melihat saat penerima membuka milik Anda. Dalam grup WhatsApp, Anda dapat melihat saat peserta lain membuka foto kedaluwarsa meskipun Anda telah menonaktifkan tanda dibaca.

Kedua, penerima mungkin bisa menyimpan foto atau video yang Anda kirim lewat tangkapan layar atau screenshot dan aplikasi WhatsApp tidak mengetahui apakah foto telah diambil lewat cara tersebut atau tidak.

Ketiga, Anda sebagai pengguna juga dapat berbagi foto dan video yang diatur untuk dilihat sekali dalam grup dan Anda dapat melihat siapa yang membukanya di “Info Pesan” WhatsApp.

{Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Web di Desktop dan Laptop}

Keempat, nomor WhatsApp yang diblokir masih bisa melihat pesan View Once Anda, jika Anda mengirimkan di grup di mana kontak tersebut ada di dalamnya. Terakhir, fitur ini bisa Anda gunakan walaupun penerima belum mendapatkan mendapatkan fitur tersebut. (NM/MF)

Leave a Comment