Wajib Tahu! Seluk Beluk Baterai Smartphone

Telset.id – Salah satu elemen terpenting dari smartphone adalah baterai, karena kalau baterainya habis, maka smartphone tak dapat berfungsi. Nah, sebenarnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai smartphone? Dan apa perbedaan tipe baterai?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut yang paling sering ditanyakan pengguna ponsel. Nah, dalam tulisan kali ini, Tim Telset.id akan coba menjawab pertanyaan yang sering muncul tersebut, silahkan disimak ulasannya:

Menjaga Baterai Tetap Prima

Hal pertama yang perlu kita klarifikasi adalah masa pakai baterai akan bergantung pada seberapa banyak Anda menggunakan smartphone. Anda juga harus mempertimbangkan bahwa baterai berkapasitas lebih tinggi (dengan nomor mAh lebih besar) biasanya bertahan lebih lama, walaupun hal ini sangat bergantung pada elemen yang dimilikinya, seperti layar, dan manajemen perangkat lunak dan pengoptimalan.

Kebanyakan smartphone memiliki prosesor dan RAM yang kuat. Prosesor ini biasanya tidak banyak mengkonsumsi energi namun, mengingat perkembangan teknologi mereka, beberapa prosesor memang menggunakan daya yang lebih besar.

Banyak daya baterai yang dikonsumsi oleh layar, terutama jika resolusi tinggi dan jika diterangi maksimal hingga sepanjang waktu. Selain itu, konektivitas nirkabel (3G, 4G, Wi-Fi, NFC, Bluetooth, GPS) juga menggunakan energi yang besar agar bisa bekerja dengan benar. Dengan mempertimbangkan semua elemen tersebut, ada beberapa smartphone yang bisa bertahan lebih dari 24 jam tanpa perlu diisi ulang.

Ada beberapa saran umum, yang mungkin menjadi pengingat Anda:

  1. Isi daya jangan menunggu sampai mati sendiri.
  2. Cabut saat Anda perlu, atau bila mencapai 100 persen.
  3. Jauhkan smartphone dari suhu panas.
  4. Hemat energi dengan mematikan fitur yang tidak Anda butuhkan dan atur kecerahan layar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here