Upss! Hacker Tunjukkan Gampangnya Bobol Sistem Kokpit Pesawat

Sistem pesawat diretas

Telset.id, Jakarta – Pesawat terbang selain merupakan moda transportasi yang mahal, juga memiliki sistem yang kompleks serta super aman untuk mengkonfigurasikan berbagai elemen di dalamnya. Sistem kokpit pesawat merupakan salah satu elemen penting. Tapi seorang hacker menunjukkan dia sangat mudah membobol sistem tersebut.

Hacker yang juga seorang pakar keamanan dari perusahaan keamanan IOActive bernama Ruben Santamarta menyatakan telah menemukan kerentanan dalam sistem pesawat yang memungkinkannya untuk mengambil alih entertainment system dari kokpit.

[Baca juga: Ini Tipe Password yang Paling Sering Dihack]

Kerentanan yang cukup berbahaya tersebut ditemukan Ruben pada sistem penerbangan Panasonic Avionics In-Flight Entertainment (IFE) yang digunakan oleh banyak perusahaan terbang ternama seperti Virgin, Emirates, AirFrance, American Airlanes, dan Qatar.

Nah, jika sistem tersebut berhasil diambil alih oleh hacker jahat misalnya, maka ia akan mampu mengontrol lampu kabin, mengubah pembacaan ketinggian, menampilkan peta palsu hingga menyebarkan pengumuman ke kabin.

Ruben tidak serta merta tiba-tiba berkeinginan untuk membuat sistem pesawat diretas olehnya, melainkan ia mulai menyelidiki sistem tersebut pada dua tahun lalu ketika dalam penerbangan ke Dubai. Saat itu, dirinya dengan menampilkan data debugging di layar tempat duduknya.

[Baca juga: Begini Cara Hacker Bobol ‘Activation Lock’ iPhone & iPad]

Panasonic sendiri mengaku sudah melihat semua laporan yang dibuat oleh Ruben dan telah melakukan pengujian berkala pada tahun 2015 dan 2016 untuk memastikan bahwa kerentanan ini telah diperbaiki.

Sementara itu maskapai penerbangan Emirates telah bekerja sama dengan Pansonic untuk secara bertahap memperbarui sistem pesawatnya karena menurut mereka keselamatan penumpang serta awak kabin adalah prioritas yang tidak bisa dikompromi lagi. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here