Cara Aktifkan Ultra Wide Band HP Android, untuk iOS juga Bisa

Telset.id, Jakarta  – Ultra Wide Band (UWB) di Android? Mayoritas orang mungkin masih awan dengan Ultra Wide Band atau UWB. Jika Anda penasaran tentang apa itu UWB, apa manfaatnya, dan cara mengaktifkannya di ponsel Android, baca terus sampa.

Ultra Wide Band di Android maupun iOS tidak berlaku umum. Dengan kata lain, hanya segelintir HP Android maupun iOS yang bisa menggunakan UWB.

Bagi Anda yang belum tahu, UWB biasanya digunakan sebagai protokol komunikasi nirkabel jarak pendek. Tujuannya untuk melacak lokasi objek.

Baca juga:

UWB menghitung lokasi dalam waktu kurang dari setengah inci dengan mengukur berapa lama pulsa radio pendek “berjalan” di antara perangkat.

UWB awalnya dirancang sebagai sarana untuk transfer data. Kemampuannya melacak posisi sangat tepat sehingga berguna untuk perangkat modern.

Satu penggunaan UWB yang paling luas adalah AirTags milik Apple. Penggunaan lain UWB adalah untuk membuka kunci mobil dan rumah pintar.

Perangkat iOS dan Android mampu menggunakan UWB. Namun, daftar ponsel yang mendukung UWB masih terbatas. Daftarnya sebagai berikut:

  • iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, dan iPhone 14
  • Google Pixel 6 Pro dan Google Pixel 7 Pro
  • Samsung Galaxy Note20, Samsung Galaxy S21, Samsung Galaxy S22, Samsung Galaxy Z Fold 2, Samsung Galaxy Z Fold 3, dan Samsung Galaxy Z Fold 4
  • Xiaomi MIX4

Apabila mempunyai satu ponsel di atas, Anda dapat menggunakan UWB untuk membuka kunci mobil (tidak semua) dan melakukan hal menarik lain.

UWB terkenal sangat akurat dalam menentukan lokasi. Seiring waktu, Anda pasti akan menemukan lebih banyak kasus penggunaan teknologi radio itu.

Range dan akurasi UWB:

  • Range: 10 meter sampai 200 meter
  • Akurasi: 0,1 meter sampai 0,5 meter

Untuk mengaktifkan UWB, Anda memerlukan perangkat Android yang mendukung. Berikut adalah cara untuk mengaktifkan UWB di perangkat Android:

  1. Buka Settings
  2. Buka Connection Preferences/Preferensi Koneksi
  3. Aktifkan UWB

The UWB toggle switch in Android 13.

Di bagian bawah halaman Preferensi Koneksi, Anda akan melihat entri UWB. Ketuklah penggeser ON/OFF hingga di posisi ON untuk mengaktifkan fitur.

Jika mobil di rumah mendukung protokol tersebut, Anda seharusnya bisa mengatur untuk membuka kunci secara otomatis ketika berada dalam jarak dekat.

Baca juga:

Namun demikian, satu hal penting yang perlu diingat, Anda mungkin harus menginstal aplikasi untuk mobil. Atau, Anda menyetel fitur melalui sistem mobil.

Prosesnya akan berbeda dari satu mobil ke mobil lain. Pastikan untuk memeriksa petunjuk produsen guna menghubungkan ponsel dan mobil bersamaan. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0