7 Tips Memperkuat Sinyal HP, Internetan Lancar Saat Mudik

Telset.id – Kehilangan sinyal saat melakukan perjalanan mudik jarak jauh ke luar kota sering dialami para pemudik. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara memperkuat sinyal HP Anda agar komunukasi dengan keluarga tetap lancar. Kami akan kasih tipsnya.

Sinyal internet tak dimungkiri sangat berpengaruh pada saat Anda ingin berkomunukasi via chatting atau video call. Jika internet lemah dan tidak stabil maka Anda akan kesulitan melakukan komunikasi.

Saat sinyal HP lemah, kualitas internet akan menurun hingga terganggunya kualitas suara dan gambar saat melakukan telepon atau video call. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Tenang, Telset.id akan memberikan tips memperkuat sinyal HP untuk tetap bisa internetan atau video call dengan baik dan lancar. Yuk, simak tipsnya!

1. Baterai Smartphone Harus Penuh 

Memperkuat Sinyal HP

Tips pertama, isi baterai HP Anda hingga penuh. Pasalnya, ada beberapa HP yang otomatis mengubah settingan ke “Mode Hemat”, jika daya baterai smartphone berkurang atau di bawah 50%.

Hasilnya jika “Mode Hemat” aktif, maka performa HP akan melemah, termasuk kekuataan untuk menangkap jaringan internet. Untuk itu pastikan HP Anda terisi penuh agar jaringan internet tetap lancar.

Baca juga: 10 Penyebab Internet WiFi Lemot dan Cara Mengatasinya

2. Cari Tempat Terbuka 

Memperkuat Sinyal HP

Tips kedua, cari tempat terbuka. Di tempat terbuka seperti halaman rumah, ruang tamu ataupun lantai dua rumah, maka smartphone Anda akan lebih mudah menerima jaringan internet yang lebih kuat.

Pasalnya dinding yang mayoritas terbuat dari beton menghalangi jaringan internet sehingga Anda akan kesulitan mendapat sinyal yang maksimal ketika berada di dalam ruangan.

Baca juga: 6 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Terhubung Wifi

3. Memperbarui Sistem Operasi 

Memperkuat Sinyal HP

Tips ketiga, memperbarui Sistem Operasi Smartphone. Bagi pengguna Android dan iOS sangat penting untuk memperbarui Sistem Operasi secara rutin. Tujuannya selain membuat smartphone lebih aman, juga dapat memperkuat kemampuan smartphone untuk menerima jaringan agar sinyal internet semakin kuat.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Telepon dari Zaman Engkol Hingga Smartphone

4. Lepas Casing Smartphone 

Memperkuat Sinyal Smartphone

Tips Memperkuat Sinyal HP selanjutnya adalah melepas casing smartphone. Produk smartphone saat ini membuat area antea berada di bagian luar smartphone.

Sayangnya bagian luar terkadang terhalang oleh casing smartphone khususnya casing yang memiliki ketebalan yang padat. Untuk memperkuat sinyal internet atau kemampuan smartphone menerima sinyal internet, agar Anda bisa melakukan video call dengan lancar.

5. Aktif dan Nonaktif Airplane Mode 

Internet smartphone

Memperkuat sinyal HP bisa dengan mengaktifkan lalu menonaktifkan Mode Terbang atau Airplane Mode. Tips ini bertujuan agar saat smartphone menghidupkan Airplane Mode lalu menghentikan mode tersebut, maka HP akan mengatur ulang jaringan internet.

Hasilnya, sinyal internet bisa semakin cepat dan video call dengan keluarga dan rekan bisa lancar. Buat yang belum tahu, berikut cara melakukannya:

  • Pertama geser layar smartphone dari atas ke bawah dan cari Airplane Mode. Jika tidak terdapat di layar notifikasi Anda bisa mengakses melalui laman pengaturan.
  • Caranya, pilih Settings lalu Connections dan pilih Airplane Mode. Mode ini biasanya berbentuk pesawat dan Anda bisa menekan mode tersebut baik untuk mengaktifkannya.

Airplane Mode

  • Tunggu 5 sampai 10 detik lalu nonaktifkan mode tersebut. Jika cara ini belum efektif, Anda bisa menonaktifkan smartphone Anda lalu jeda 5 sampai 10 detik maka aktifkan smartphone tersebut.

Baca juga: 5 Paket Internet Murah Buat Kamu yang Gak Mudik Lebaran

6. Mengunci Jaringan Internet 

jaringan 4G

Mengunci jaringan internet dapat mempercepat sinyal internet. Kunci jaringan Anda berada di mode 4G dengan tujuan supaya jaringan internet Anda berada di performa terbaik dan tetap kuat. Berikut ini cara untuk mengunci jaringan internet Anda.

  • Pertama adalah pilih Settings, lalu klik > Connections atau Koneksi dan pilih > Mobile Networks atau Jaringan Seluler.
  • Kedua pilih Network Mode atau Mode Jaringan ke mode LTE/3G/2G. Pilih Mode tersebut dan jaringan internet Anda akan otomatis terkunci di jaringan 2G hingga 4G.

Internet internet handphone

7. Matikan Layanan Tidak Perlu 

cara perkuat sinyal internet handphone

Terakhir adalah matikan layanan yang tidak diperlukan seperti Wifi, Bluetooth dan NFC. Pasalnya jika layanan-layanan tersebut tetap aktif padahal tidak digunakan, maka dikhawatirkan dapat mempengaruhi smartphone untuk menerima sinyal internet.

Demikianlah beberapa tips untuk mempercepat sinyal di smartphone Anda, sehingga terhindar dari sinyal yang lelet yang membuat mobilitas terganggu, selamat mencoba! [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0