10 Penyebab Internet WiFi Lemot dan Cara Mengatasinya

Internet WiFi Lemot

Telset.id – Internet menjadi kebutuhan yang sangat penting saat pemerintah mengeluarkan anjuran bekerja dari rumah. Namun terkadang Internet WiFi lemot menjadi kendala yang sering dihadapi pengguna. Sebenarnya apa penyebab internet WiFi lemot, dan bagaimana mengatasinya? Kita akan coba membahasnya.

Di masa pandemi COVID-19 yang memaksa kita untuk tetap di rumah, internet WiFi menjadi sangat penting tersedia untuk menunjang pekerjaan selama bekerja dari rumah.

Bermacam perangkat gadget terhubung dengan internet WiFi seperti dari laptop, smartphone, hingga konsol game. Untuk itu, jangan sampai WiFi menjadi lemot, sehingga aktivitas jadi bermasalah.

{Baca juga: 5 Aplikasi Video Conference untuk Kerja dari Rumah, Gratis!}

Nah, berikut ini kami akan membahas mengenai penyebab internet WiFi lemot di rumah. Setidaknya ada 10 penyebab yang menjadikan WiFi lambat yang mungkin bisa Anda hindari.

Tak cuma itu, kami juga akan memberikan cara mengatasi WiFi lemot dengan trik-trik sederhana. Berikut 10 penyebab internet WiFi lemot dan cara mengatasinya.

Provider Internet Bermasalah

Hal pertama yang menyebabkan koneksi internet WiFi menjadi lemot adalah masalah internet dari penyedia service (ISP). Apabila jaringan internet dari si penyedia yang bermasalah, maka tentu kita tidak bisa terhubung dengan lancar dengan jaringan internet WiFi.

Jika hal ini terjadi, tentu tidak ada yang bisa kita lakukan kecuali menghubungi langsung layanan pelanggan dari si penyedia internet. Adukan masalah teknis yang anda alami, untuk mendapatkan perbaikan koneksi internet.

Kabel Jaringan Terputus

Berikutnya yang menyebabkan koneksi internet menjadi terganggu adalah kabel jaringan yang terputus. Baik kabel jaringan UTP dari penyedia internet ke router di rumah, maupun kabel LAN dari router ke access point lainnya. Atau bisa jadi sambungan kabel LAN ke perangkat router tidak pada port yang tepat.

Untuk mengatasi hal ini, periksa satu persatu kabel LAN pada jaringan internet anda. Apabila ada yang putus, anda bisa menggantinya dengan yang baru. Atau jika Anda awam dengan hal tersebut, anda bisa memanggil tenaga ahli untuk memeriksa apabila ada kabel yang bermasalah.

{Baca juga: Dukung “WFH”, Google Duo Bisa Group Call Hingga 12 Orang}

Router Rusak

Router tentunya menjadi perangkat utama untuk koneksi WiFi, dimana perangkat ini berfungsi menerima jaringan internet melalui kabel, lalu membagikannya ke perangkat pengguna dengan kabel atau sinyal WiFi.

Apabila router mengalami kerusakan, tentunya juga akan menyebabkan internet wifi anda menjadi bermasalah. Untuk mengecek apabila router anda rusak, anda mungkin akan memerlukan perangkat router lain yang masih bekerja dengan baik.

{Baca juga: Tips Ubah Kamera Ponsel jadi WebCam Buat Video Conference}

Jika dengan router pengganti, koneksi internet tidak bermasalah, maka router Anda yang awal benar-benar mengalami kerusakan.

Posisi Router Rendah

Posisi router juga perlu diperhatikan saat memasang jaringan WiFi. Pastikan router diletakan di tempat yang tinggi agar router dapat memancarkan sinyal dengan baik.

Jangan meletakan router di tempat rendah seperti dikolong meja atau di lantai. Ini akan membuat pancaran sinyal dari router sulit untuk ditangkap perangkat yang terhubung. Letakan router di posisi yang tinggi, misalnya di atas rak atau lemari.

Posisi Router di Ruang Tertutup

Selain meletakan router di tempat yang rendah, meletakan router di ruang tertutup juga akan menyebabkan sinyal WiFi terganggu. Karena sinyal WiFi akan terhalang oleh dinding dan sebagainya jika diletakan di ruang tertutup seperti kamar tidur.

Untuk itu letakan router di tempat terbuka seperti di ruang tamu. Dengan demikian, router dapat memancarkan sinyal WiFi dengan leluasa tanpa terhalang oleh dinding.

Posisi Router Terlalu Jauh

Posisi router yang terlalu jauh juga akan menyebabkan jaringan WiFi menjadi bermasalah. Karena semakin jauh perangkat yang terkoneksi dari router, maka jaringan yang diterima akan semakin lemah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa menggunakan access point tambahan, seperti repeater. Dengan menggunakan repeater, anda bisa menambah jangkauan WiFi menjadi lebih luas dan lebih  kuat.

Bandwith Kecil

Penyebab WiFi menjadi lemot juga karena bandwith yang tersedia pada jaringan internet kecil. Sementara pemakaian yang digunakan membutuhkan bandwith internet yang besar.

Misalnya seperti streaming video dengan kualitas tinggi, atau atau mengakses game online dengan grafis tinggi. Semakin tinggi bandwith yang tersedia, tentu jaringan internet akan semakin kencang.

{Baca juga: 5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference}

Untuk mengatasi hal tersebut, tidak ada cara lain selain mengupdgrade bandwithke penyedia layanan internet. Namun semakin besar bandwith yang digunakan, tentu semakin besar biaya yang perlu dikeluarkan.

Interferensi Jaringan

Hal lainnya yang menjadi penyebab internet WiFi lemot adalah interferensi jaringan. Interferensi jaringan adalah terjadinya kemacetan di frekuensi jaringan akibat banyaknya perangkat yang menggunakan jaringan yang sama.

Misalnya, ketika rumah Anda menggunakan jaringan WiFi 2.4 GHz, dan banyak perangkat yang terhubung ke koneksi tersebut, maka akan banyak trafik data yang saling betabrakan.

Belum lagi jika tetangga Anda juga menggunakan jaringan WiFi dengan frekuensi yang sama 2.4 GHz, maka interferensi akan lebih banyak terjadi. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan Router yang menyediakan pilihan frekuensi jaringan Wi-Fi.

Saat ini banyak perangkat Router yang menyediakan jaringan Wi-Fi dengan frekuensi 2,4GHz dan 5GHz. Dengan menggunakan frekuensi yang berbeda, kita bisa menghindari terjadinya interferensi di jaringan internet Wi-Fi.

Download File Berukuran Besar

Mengunduh  atau menunggah file berukuran besar tentunya juga akan menyebabkan jaringan WiFi menjadi lemot. Mungkin tidak, untuk perangkat terhubung yang dengan mengunduh/mengunggah. Namun lemahnya jaringan akan dirasakan oleh perangkat lain yang terhubung pada jaringan WiFi yang sama.

Hal tersebut dikarenakan bandwidth jaringan internet terkuras oleh perangkat yang sedang mengunduh file berukuran besar. Sementara untuk perangkat lain akan mendapatkan sisa bandwidth internet yang tersedia.

{Baca juga: Sering Video Conference Selama WFH? Simak Tips Aman Ini}

Untuk itu sebaiknya hindari mengunduh file berukuran besar disaat banyak perangkat lain yang juga perlu untuk terhubung ke internet. Jika ingin mengunduh atau mengunggah file berukuran besar, lakukan di waktu-waktu yang jarang orang mengakses internet.

Terlalu Banyak Perangkat Terhubung

Banyaknya perangkat yang terhubung ke jaringan internet yang sama secara bersamaan pasitnya akan menguras bandwidth internet. Apalagi jika setiap perangkat mengakses internet dengan kebutuhan besar seperti streaming video.

Untuk itu ada baiknya kita mengurangi perangkat yang terhubung dengan jaringan internet WiFi yang tersedia. Biasanya router menyediakan platform aplikasi untuk membatasi jumlah perangkt yang dapat terhubung dengan WiFi.

Atau Anda jika bisa membagi access point, agar tetap mendapatkan akses internet prioritas untuk kebutuhan Anda. [IR/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here