7 Tips Merawat Earphone Agar Tetap Awet dan Bersih

Tips Earphone

Telset.id, Jakarta – Earphone merupakan perangkat pendukung bagi pengguna smartphone. Untuk itu earphone harus dirawat dengan baik supaya tetap awet dan bersih ketika digunakan sehari-hari untuk beraktivitas. Ada beberapa tips untuk merawat earphone supaya tetap awet dan bersih.

Dengan mengaplikasikan tips tersebut, Anda bisa lebih hemat karena masa pakai earphone lebih panjang sehingga Anda tidak harus mengeluarkan uang setiap bulan untuk membeli earphone baru. Kali ini Tim Telset.id akan memberikan tips merawat earphone supaya awet dan bersih. Yuk disimak!

Gulung Kabel Earphone dengan Benar 

Tips Earphone

Tips pertama adalah Anda harus menggulung kabelnya dengan rapi supaya tetap awet dan bersih. Jika Anda tidak menggulungnya dengan rapi maka akan berdampak pada kualitas earphone.

Earphone Anda bisa saja malah rusak karena salah satu jaringan kabel terputus akibat Anda yang tidak pernah menggulungnya dengan rapi. Adapun cara untuk menggulung kabel supaya rapi adalah dengan menggulungnya sebesar keempat jari Anda.

{Baca juga: Detail Earphone Vivo TWS Neo Terungkap, Mau Diperkenalkan?}

Dengan ukuran tersebut kabel akan tergulung dengan rapi serta posisi kabel lebih lurus sehingga jaringan kabel tidak terputus. Disarankan untuk rajin menggulung kabel setiap habis menggunakan earphone dimana pun Anda berada.

Bersihkan Earphone 

Tips Earphone

Tips kedua adalah rutin membersihkan earphone. Tujuannya untuk membersihkan kotoran yang berada di earphone yang dapat menghambat suara yang keluar. Selain itu membersihkan earphone juga dapat merawat kebersihan telinga Anda.

Alasannya telinga adalah organ yang selalu bersentuhan dengan earphone sehingga jika earphone kotor maka telinga Anda akan dipenuhi bakteri dan menimbulkan iritasi. Cara membersihkannya sangat mudah.

Anda bisa membersihkan dengan menggunakan cotton bud, sikat gigi atau kain halus. Anda juga bisa mencelupkan benda-benda tersebut ke air hangat sebelum akhirnya diusapkan ke earphone agar tetap bersih.

Jangan Maksimalkan Volume 

Tips Earphone

Ketiga adalah jangan sering memaksimalkan volume ketika menggunakan earphone. Prilaku Anda yang sering memaksimalkan volume akan berdampak pada kerusakan pada sistem internal dan efek bass pada earphone.

Selain itu gendang telinga Anda akan sakit dan kepala Anda bisa pusing karena sering mendengarkan lagu dengan volume yang kencang. Untuk itu disarankan untuk menggunakan earphone dengan volume normal saja.

Jangan Sering Meminjamkan Earphone 

Tips Earphone

Keempat adalah jangan sering meminjamkan earphone ke orang lain. Tujuannya untuk menjaga kualitas earphone karena kita tidak tahu bagaimana prilaku teman atau kerabat kita saat menggunakan earphone.

Selain itu kita juga tidak mengetahui bagaimana kondisi kebersihan telinga teman atau kerabat sehingga disarankan untuk tidak sering meminjamkan earphone ke orang lain. Apalagi ke orang-orang yang terlihat tidak menjaga kebersihan tubuh sehari-hari.

Simpan Earphone di Tempat Aman

Tips Earphone

Kelima adalah simpan earphone di tempat yang aman. Tujuannya untuk menjaga agar kabel tetap rapi dan kebersihan earphone tetap terjaga. Selain itu dengan disimpannya earphone ke dompet khusus, maka Anda bisa lebih mudah untuk mencarinya.

{Baca juga: Duo Wireless Earphone Oppo Masuk Indonesia, Berapa Harganya?}

Saat ini telah banyak pedagang di platform e-commerce yang menjual dompet headset. Harganya pun cukup terjangkau dan Anda bisa membelinya dengan mudah secara online.

Gunakan Saat Telinga Kering

Tips Earphone

Keenam adalah pastikan telinga dalam kondisi kering ketika menggunakan earphone. Pasalnya telinga yang lembap apalagi basah dapat menyebabkan kerusakan atau kosleting.

Selain itu telinga yang basah dapat menimbulkan bakteri dan bau tak sedap di earphone Anda. Jika terus menerus dilakukan maka dapat menimbulkan iritasi di telinga Anda.

Jangan Tarik Kabel 

Tips Earphone

Tips terakhir adalah jangan menarik kabel earphone. Jika Anda ingin melepaskan earphone dari smartphone maka Anda harus menarik dari bagian steker earphone dengan perlahan bukan dari bagian kabel earphone.

Tujuannya untuk menjaga agar jaringan kabel tidak terputus sehingga earphone bisa awet dipakai sehari-hari.

Artikel tentang earphone lainnya

Rekomendasi 7 Earphone TWS Berkualitas, Harga Rp 200 Ribuan

Earphone TWS saat ini semakin digemari oleh para pecinta gadget. TWS memiliki keunggulan dari sisi mobilitas, karena pengguna dapat terhubung dengan audio tanpa harus menggunakan kabel. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi earphone TWS harga Rp 200 ribuan dengan kualitas terbaik.

Sekadar informasi, saat ini sudah banyak earphone TWS yang berkualitas baik dipasaran dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Nah, buat kalian yang punya budget terbatas, tapi ingin memiliki earphone TWS impian, tim Telset.id akan kasih solusinya.

Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan rekomendasi 7 earphone TWS berkualitas terbaik dengan harga Rp 200 ribuan. Baca artikel lengkapnya disini:{Rekomendasi 7 Earphone TWS Berkualitas, Harga Rp 200 Ribuan}

Bonus:

{7 Tips Melindungi Data Pribadi di Smartphone dan Laptop}

{7 Tips Rahasia Mendapatkan Hasil Pencarian yang Relevan di Google}

6 KOMENTAR

  1. nikmati sportbook terbaik hanya di SBOBET ( https://sbobetmaju.com ) ayo gabung sekarang dan pilih tim favoritemu

  2. Daftar Sbobet agen resmi SENIOR MASTER AGEN ( https://seniormasteragen.xyz ) yang memiliki berbagai permainan sportsbook terpopuler 2020. Permainan Sportsbook adalah jenis permainan paling populer di Indonesia saat ini.

  3. Arcade99 ( https://arcade99.net ) menyediakan berbagai permainan Ding Dong Online mulai dari 48D, 36D, 24D, 12D, Bola Tangkas hingga Sicbo dan Poker Dice.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here