7 Tips Melindungi Data Pribadi di Smartphone dan Laptop

Telset.id-Data pribadi menjadi sesuatu yang berharga di era digital sekarang. Maka Anda harus melindungi data pribadi di smartphone atau laptop supaya tidak diserang hacker yang ingin memanfaatkan data Anda untuk kepentingan mereka.

Melindungi data pribadi bukan sesuatu yang sulit namun tidak bisa dianggap remeh. Jika  tidak melakukannya dikhawatirkan Anda menjadi korban peretasan data dan data akan dijual bebas di forum internet.

Selain itu peretasan data bisa berdampak pada kerusakan perangkat Anda seperti smartphone dan laptop. Lebih berbahaya lagi peretasan data pribadi bisa berakibat pada tindakan kriminal yaitu praktik pembobolan rekening.

Untuk menghindari kemungkinkan buruk tersebut maka Tim Telset.id akan memberikan tips untuk melindungi data pribadi di smartphone dan laptop dari serangan hacker. Yuk disimak!

Jangan Klik Tautan Mencurigakan

Tips pertama adalah jangan asal mengklik tautan yang tersebar di internet atau pesan berantai WhatsApp. Dikhawatirkan jika tautan tersebut merupakan modus phising yang dilakukan hacker.

Perlu diketahui phising adalah modus peretasan dimana peretas akan memberikan tautan mencurigakan. Tautan tersebut biasanya adalah undian berhadiah atau sesuatu yang menarik untuk dikunjungi.

{Baca juga: Zoom Bantah Jual Data Pribadi Pengguna ke Facebook}

Ketika Anda mengetik tautan tersebut, ternyata tidak ada apa-apa. Walaupun begitu, saat Anda sudah masuk ke tautan tersebut maka peretas akan menyusup ke smartphone atau laptop dan bisa mengakses data pribadi Anda.

Pasang Antivirus di Laptop atau Smartphone

Melindungi Data Pribadi Smartphone

Kedua adalah memasang antivirus di laptop ataupun smartphone. Tujuannya agar perangkat  terbebas dari virus atau malware yang sengaja dibuat hacker untuk meretas data pribadi Anda.

Tersedia banyak aplikasi atau software antivirus yang bisa diakses secara gratis ataupun berbayar. Dengan menggunakan antivirus maka data-data yang berada di perangkat Anda bisa tersimpan lebih aman.

Mengganti Kata Sandi 

Melindungi Data Pribadi Smartphone

Ketiga adalah rutin mengganti kata sandi Anda. Bagi yang memiliki akun di Instagram, Faceboo, Twitter atau media sosial lainnya disarankan untuk rutin mengganti kata sandi atau password Anda.

Tujuannya agar hacker sulit untuk menebak kata sandi akun. Selain itu buat kata sandi yang kuat dengan menggunakan kombinasi huruf dan angka. Hindari menulis kata sandi dari tanggal lahir karena kata sandi tersebut mudah ditebak oleh hacker.

Kunjungi Situs Enskripsi HTTPS 

Melindungi Data Pribadi Smartphone

Keempat adalah kunjungi situs yang memiliki ekstensi Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS). Situs yang menggunakan protokol HTTPS lebih aman karena sudah terenkripsi  untuk transfer informasi antara database dan website.

Anda bisa lebih aman dan nyaman saat mengunjungi situs dengan ekstensi HTTPS karena transfer data antara database dan website sudah terenskripsi dengan baik.

Verifikasi Dua Langkah

Melindungi Data Pribadi Hacker

Kelima adalah melakukan verifikasi dua langkah. Aktifkan fitur verifikasi dua langkah yang tersedia di Google, WhatsApp dan aplikasi lainnya.

Verifikasi dua langkah adalah sistem yang memungkinkan Anda untuk memasukan 6 digit pin tambahan ketika ingin melakukan login. Keenam digit pin akan diberikan melalui nomor telepon dan Anda harus memasukan nomor tersebut untuk bisa masuk ke akun Anda.

Metode verifikasi ini cenderung lebih aman karena nomor pin bersifat rahasia dan selalu berbeda sehingga hacker sulit untuk membobol akun dan data pribadi Anda.

Jangan Sebar Informasi Pribadi 

Melindungi Data Pribadi Hacker

Keenam adalah jangan menyebarkan informasi pribadi ke media sosial. Misalnya jangan memposting status atau cuitan yang berisi tanggal lahir, alamat rumah, nama orangtua  atau nomor ponsel Anda.

Tujuannya agar tidak ada hacker yang memanfaatkan nomor tersebut untuk membobol akun atau meretas perangkat ponsel Anda.

{Baca juga: Mozilla: Masyarakat Belum Tahu Pentingnya Keamanan Data Pribadi}

Jika ada teman atau keluarga yang membutuhkan informasi tersebut lebih baik membagikannya melalui fitur Direct Message (DM) yang tersedia di aplikasi media sosial seperti Twitter dan Instagram.

Rutin Memperbarui Perangkat Lunak

Melindungi Data Pribadi Hacker

Terakhir adalah rutin memperbarui atau update perangkat lunak smartphone atau laptop Anda. Melakukan update perangkat sangat penting karena dapat menghilangkan bug dan meningkatkan keamanan pada perangkat Anda.

Artikel tips lainnya…

Tips Aman Membaca di Smartphone Agar Mata Tidak Rusak

Saat ini, smartphone sudah menjadi kebutuhan premier. Apapaun bisa dilakukan di ponsel pintar, seperti membaca buku misalnya. Akan tetapi, makin sering menatap layar smartphone, maka membuat mata kita juga cepat lelah. Oleh karena itu, Anda perlu untuk memperhatikan tips membaca di smartphone agar mata tetap sehat dan tidak rusak.

Harus diakui, pergeseran ke era digital membuat perubahan pada banyak hal, termasuk cara orang ketika membaca. Tidak lagi membaca dalam bentuk fisik, kini orang lebih banyak baca di smartphone dengan beragam konten digital yang tersedia

Kemudahan membaca ini semakin ditunjang dengan perangkat smartphone dan beragam aplikasi reader yang mendukung aktivitas membaca di mana saja dan kapan saja.

Untuk menunjang kegiatan membaca buku digital, pengguna smartphone pun perlu memperhatikan kesehatan mata. Paparan cahaya dari layar ponsel cerdas secara terus menerus dan dalam waktu lama bisa berpotensi merusak mata.

Nah, berikut ini beberapa tips membaca di smartphone yang baik agar mata tidak rusak. Baca artikel lengkapnya disini {Tips Aman Membaca di Smartphone Agar Mata Tidak Rusak}

Bonus:

{7 Tips Rahasia Mendapatkan Hasil Pencarian yang Relevan di Google}

{Tips Memilih Monitor Komputer yang Tepat untuk WFH}

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Sinyal Radio Misterius Dikirim ke Bumi dari Bima Sakti

Telset.id, Jakarta  – Para ilmuwan telah melacak sinyal radio misterius yang dikirim ke Bumi dari titik terdekat Bima Sakti....

September 2020, YouTube Setop Kontribusi Teks Komunitas

Telset.id, Jakarta  – Mulai 28 September 2020 mendatang, YouTube bakal menghentikan kontribusi teks komunitas. Kebijakan itu muncul sebagai respons...

Begini Cara Cek Data Nasabah KreditPlus yang Bocor

Telset.id - Ratusan ribu data nasabah KreditPlus bocor di internet. Bagi Anda nasabah KreditPlus, Anda bisa mengecek apakah Anda...

Youtuber Jangan Asal Sebar Konten Obat Covid-19 Tanpa Verifikasi

Telset.id, Jakarta - Belajar dari kasus Anji mengenai obat Covid-19, para Youtuber diminta jangan asal menyebar informasi atau konten...

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno4 Jelang Peluncuran

Telset.id, Jakarta - Oppo Indonesia telah memastikan bahwa mereka akan meluncurkan Oppo Reno4 pada tanggal 6 Agustus mendatang. Smartphone...
- Advertisement -