HOW TO

5 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Oppo Reno6, Biar Lebih Awet!

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Telset.id – Tips menjaga kesehatan baterai HP Android agar awet perlu diketahui, karena baterai merupakan komponen terpenting dari sebuah smartphone. Walau smartphone seperti Oppo Reno6 memiliki spesifikasi baterai yang bagus, pengguna tetap harus menjaga baterai agar masa pakainya tetap panjang.

Ya, Oppo sampai sekarang masih menjadi salah satu merek yang konsisten membawa HP terbaru dengan kinerja baterai yang bagus, salah satunya adalah Oppo Reno6.

Oppo Reno6 bukan saja ditenagai prosesor gaming kelas menengah yang mumpuni, tapi juga ditopang oleh kapasitas baterai yang besar dengan ragam fitur pendukung untuk memberikan performa terbaik.

Smartphone ini dibekali dengan dua sel baterai berjenis polimer lithium-ion yang setara dengan kapasitas 4.310 mAh. Dengan teknologi dua sel tersebut, baterai Oppo Reno6 mendukung pengisian daya super cepat 50W Flash Charge.

{Baca juga: Asyiknya Main Game AOV di Oppo Reno6, Bisa Grafis “Rata Kanan”!}

Fitur fast charging ini membuat baterai bisa terisi penuh dari 0% hanya dalam waktu singkat kurang dari 1 jam saja. Menariknya, Oppo tetap memberikan adaptor charger SuperVOOC 2.0 dengan output 65W dalam paket pembelian Oppo Reno6.

Nah, berikut ini tim Telset kasih beberapa tips berguna bagi Anda untuk menjaga kesehatan baterai HP Oppo Reno6 agar tetap awet dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Yuk simak, sob!

1. Gunakan Pengisi Daya Bawaan

Hindari pemakaian adaptor charger dan kabel pengisi daya palsu atau bukan bawaan pabrik, karena lambat laun dapat mengganggu arus pengisian daya baterai. Arus yang tak stabil tentu bisa merusak dan mengurangi umur baterai, yang kemudian mengacaukan komponen lain di ponsel.

Gunakan selalu adaptor dan kabel USB yang asli atau original saat melakukan pengisian daya smartphone. Oppo sendiri menyematkan sistem keamanan berlapis untuk melindungi baterai Reno6.

Sistem ini akan membuat baterai tidak akan terisi penuh bila tidak menggunakan pengisi daya yang abal-abal, termasuk adaptor dan kabel USB. Selain itu, sistem keamanan baterai juga bertugas untuk mengalihkan hawa panas ke adaptor charger agar smartphone tetap berada di suhu yang relatif dingin ketika menerima daya yang begitu besar.

2. Jangan Biarkan Baterai Habis 0%

Tips menjaga baterai HP Android tetap awet selanjutnya adalah dengan tidak membiarkan baterai smartphone kurang dari 10% atau sampai 0%.

Pastikan HP Oppo Anda terisi dayanya ketika baterai sudah mencapai di bawah 10%. Jika baterai HP tidak memiliki daya sama sekali, maka usia baterai smartphone akan mengalami penurunan yang sangat parah.

Bila Anda sedang ingin berpergian panjang, setidaknya baterai sudah terisi setengahnya untuk kelangsungan umur bateri ponsel yang lebih maksimal ke depannya.

{Baca juga: Main Game HD Terbaik di Oppo Reno6, Lancar dan Tetap Adem!}

3. Hindari Overcharging

Apakah Anda sering mengisi daya ponsel sepanjang malam agar baterai smartphone terisi penuh untuk digunakan keesokan harinya? Sayangnya, kebiasaan tersebut bisa membuat baterai kehilangan beberapa kapasitas yang menyebabkan masa pakai baterai lebih pendek.

Untung saja, ada fitur keamanan di Oppo Reno6 yang bisa mencegah baterai overcharging. Fitur tersebut bernama Optimized Night Charging yang secara pintar mengontrol kecepatan charging hingga daya mencapai 100% ketika pengguna bangun.

Fitur ini bisa diaktifkan melalui SettingsBatteryMore Battery Settings > dan aktifkan Optimized Night Charging.

4. Manfaatkan Fitur Optimasi Baterai di ColorOS 11

Oppo Reno6 sudah berjalan di sistem operasi ColorOS 11 berbasis Android 11 terbaru. Sistem operasi ini tak cuma menyuguhkan tampilan visual yang mudah digunakan dan disesuaikan, ragam fitur gaming, serta fitur kamera yang lebih baik, tapi juga beberapa fitur khusus untuk membuat baterai Oppo Reno6 lebih awet lagi.

Dengan masuk ke SettingsBattery, Anda dapat menemukan beragam fitur agar baterai bisa tahan seharian atau lebih. Misalnya, Power Saving Mode yang akan mengurangi intensitas layar, mengganti durasi auto screen-off time ke 15 detik, menurunkan refresh rate layar, dan juga mematikan aplikasi-aplikasi boros daya yang berjalan di background.

Fitur lainnya yang bikin baterai jauh lebih hemat, Super Power Saving Mode. Fitur ini mengubah tampilan layar menjadi sangat standar, dan membatasi hanya enam aplikasi saja yang bisa dijalankan.

{Baca juga: Review ColorOS 11: OS Baru, Bikin Ponsel Oppo Lebih Personal}

Pada pengaturan Mode Battery Settings, ada fitur-fitur lainnya untuk memperpanjang usia baterai ponsel Oppo Reno6. seperti Sleep Standby Optimization, Optimized Night Charging, samapi optimize Battery use.

5. Matikan Fitur yang Tidak Perlu

Tips untuk menjaga baterai Oppo Reno6 tetap awet adalah mematikan fitur yang tidak perlu. Smartphone Android terbaru memiliki segudang fitur yang tersedia dan kadang aktif otomatis tanpa sepengetahuan pengguna.

Anda pun bisa mematikan fitur-fitur yang dirasa tak diperlukan untuk memperpanjang usia baterai. Misalnya, meredupkan layar dan mengatifkan Auto Brightness, mematikan NFC, menggunakan koneksi WiFi alih-alih jaringan selular, hingga mematikan Bluetooth, GPS, dan WiFi bila tidak digunakan.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk menjaga kesehatan baterai agar tetap awet dan membuat HP Android Oppo Reno6 Anda bisa bertahan seharian penuh. Selamat mencobanya, sob! (MF)

Leave a Comment