HOW TO

ShopeePay Bagikan Tips Memulai Bisnis dari Hobi

Naufal Mamduh
Share

Telset.id – Bagi yang ingin memulai bisnis dari hobi, ShopeePay membagikan sejumlah tips untuk membangun bisnis dari hobi yang bisa diterapkan.

Dalam acara bertajuk ShopeePay Talk pada Kamis (27/1/2022), Founder of OMG Consulting, Yoris Sebastian dan CEO & Co-Funder of Suwe Ora Jamu, Nova Dewi menuturkan tips untuk memulai bisnis dari hobi supaya bisa berjalan maksimal.

Setidaknya, ada 5 tips yang dibagikan. Berikut ini tipsnya untuk Anda, jadi simak terus ya!

1. Menemukan Kekuatan Hobi

Ilustrasi hobi memasak

Tips yang pertama dari Yoris Sebastian adalah Anda harus menemukan kekuatan hobi yang ditekuni. Maksudnya Anda harus mengetahui apakah hobi yang dilakukan selama ini dibutuhkan oleh masyarakat atau tidak.

Contohnya hobi memasak. Kalau masakan yang dibuat enak, dan jarang ada yang menjual maka hobi tersebut cukup kuat untuk dibangun menjadi sebuah bisnis.

2. Memulai Bisnis dari Hobi yang Disukai

Masih dari Yoris, tips kedua untuk memulai bisnis dari hobi adalah Anda harus menyukai hobi tersebut. Rasa suka dan senang menjalankan hobi adalah sesuatu yang penting, karena bisa menjadi bahan bakar untuk tetap semangat membangun bisnis dari hobi.

Baca juga: Promo ShopeePay 12.12 Birthday Deals

“Cek dahulu apakah Anda benar-benar suka dengan hobinya. Kalau kita suka maka kita bisa jalankan ini secara konsisten dan selalu ada alasan untuk bangun ketika menjalankan bisnis,” jelas Yoris.

3. Harus Tetap Riset

Tips ketiga diberikan oleh Nova Dewi, yaitu Anda harus melakukan riset. Pengusaha produk jamu itu menjelaskan kalau melakukan riset harus tetap dilakukan ketika ingin membangun hobi menjadi bisnis.

Contohnya saat dirinya mendirikan Suwe Ora Jamu, yang merupakan kafe untuk mengkonsumsi jamu. Ketika itu Nova terinspirasi dari hobinya meminum jamu sejak kecil, dan saat pindah ke Jakarta dirinya tidak menemukan tempat yang nyaman untuk meminum jamu.

Alhasil Nova pun melakukan riset mengenai jamu yang tidak pahit dan disukai masyarakat, khususnya anak muda. Selain itu ia juga membangun konsep cafe dimana anak muda bisa meminum jamu sambil berkumpul dengan teman-teman.

4. Bisnis Harus Adaptasi Terhadap Teknologi

Selain kreativitas, tips keempat ketika memulai bisnis jadi hobi adalah adaptasi teknologi. Suwe Ora Jamu tidak hanya mengandalkan penjualan produk dari cafe yang tersedia.

Baca juga: ShopeePay Luncurkan Google Play Festival

Usaha jamu ini juga menawarkan pemesanan produk melalui WhatsApp, GoFood dan juga aplikasi e-commerce. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar perusahaan bisa terus berkembang dan dibeli pelanggan dengan mudah.

5. Harus Melakukan Inovasi Produk

Tips terakhir adalah dengan tetap menghadirkan beragam inovasi produk. Hal ini perlu dilakukan agar bisnis bisa tetap bersaing dan disukai pelanggan. Disarankan untuk rutin membuat beragam inovasi baik ketika produk sedang mengalami penjualan yang tinggi, atau saat penjualan sedang lesu. (NM/MF)

Leave a Comment