5 Tips Beli HP Murah dan Berkualitas di Bawah Rp 3 Juta

Telset.id, Jakarta – Saat ini, ada banyak pilihan HP Android dengan harga murah di bawah Rp 3 juta. Buat Anda yang ingin mencari dan beli HP murah dan berkualitas di rentang harga tersebut, berikut tips lengkapnya.

Smartphone harga murah tentu mengusung spesifikasi dan fitur yang tak terlalu “wah”. Walau demikian, ponsel dengan rentang harga di bawah Rp 3 jutaan memiliki kinerja yang cukup untuk menunjang berbagai kebutuhan sehari-hari, seperti belajar online di rumah misalnya.

Akan tetapi, cukup tricky untuk mencari dan membeli smartphone harga murah dengan kualitas yang bagus. Dibutuhkan ketelitian dalam memilih ponsel, terutama dalam hal membandingkan spesifikasi dan harga yang sesuai kebutuhan serta bujetnya.

Memang, ada beberapa HP terjangkau yang tersedia di pasaran dengan harga murah, seperti Redmi Note 8 dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB yang dibanderol Rp 2,7 jutaan, Redmi 9T dengan harga Rp 2,3 jutaan, dan HP terbaik di bawah Rp 3 jutaan lainnya.

{Baca juga: 12 HP 5G Murah Terbaik Agustus 2021, Harga Mulai 2 Jutaan}

Nah, berikut ini tim Telset kasih beberapa tips untuk Anda yang ingin beli ponsel murah dan berkualitas di bawah Rp 3 juta. Yuk simak selengkapnya, sob!

1. Lihat Spesifikasi

Tips Beli HP Harga Murah di Bawah Rp 3 juta
Oppo A54 (Foto: Surya/Telset.id)

Melihat spesifikasi utama dari smartphone sangatlah penting dan jangan sampai terlewatkan. Sebelum membeli ponsel idaman, Anda perlu melihat spesifikasi yang ditawarkan HP tersebut agar Anda tidak menyesal nantinya.

Agar lebih mudah memilih ponsel dengan spesifikasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, Anda bisa memperhatikan poin-poin dibawah ini:

{Baca juga: 10 HP Gaming 2 Jutaan Terbaik Agustus 2021, ML & PUBG Lancar!}

  • Perhatikan prosesor yang menunjang kinerja ponsel yang ingin dipinang. Belilah ponsel dengan prosesor terpercaya dan sudah teruji kinerjanya, seperti Qualcomm Snapdragon, MediaTek Dimensity, hingga MediaTek Helio Series.
  • RAM smartphone pun wajib minimal 2 GB, agar dapat mendukung berbagai aktivitas digital di kemudian hari.
  • Untuk menjaga kenyamanan mata dan meningkatkan pengalaman visual, resolusi layar juga harus diperhatikan. Minimal, layar smartphone yang ingin Anda beli sudah HD+ atau 720 x 1.280 piksel.
  • Perhatikan juga memori penyimpanan ponsel. Jangan sampai, Anda kesulitan menyimpan foto, file, game, hingga aplikasi karena storage yang terlanjut penuh.
  • Kualitas kamera juga bisa jadi pertimbangan Anda. Apalagi, Anda lebih mementingkan sektor fotografi. Ketahui sensor kamera yang dipakai, resolusinya, hingga fitur yang dimiliki.

2. Lihat Review

Tips Beli HP Murah Harga Rp 3 Jutaan
Poco M3 (Foto: Surya/Telset.id)

Tips beli HP murah dan berkualitas dengan harga di bawah RP 3 juta adalah, melihat review dari ponsel yang ingin Anda beli. Anda bisa melihatnya di media sosial, YouTube, kanal Review Telset, sampai toko online di mana Anda akan membelinya.

Contohnya jika Anda beli HP baru di Blibli, Anda akan bisa melihat review dari pembeli sebelumnya terkait produk tersebut. Melihat review orang lain sangat penting untuk memastikan apakah toko yang dituju benar-benar amanah dan menjual ponsel asli serta spesifikasi yang Anda harapkan.

3. Cari Referensi Penjual Lainnya

Tips Beli HP Murah Harga Rp 3 Jutaan
Realme Narzo 30A (Foto: Surya/Telset.id)

Sangat penting untuk tidak terpaku pada satu penjual ketika Anda sedang mencari referensi harga. Karena jika harga tidak sesuai dengan alokasi dana, maka Anda bisa mencari di penjual yang lainnya.

Ada banyak penjual ponsel online di marketplace yang menawarkan model HP yang sama dengan harga yang lebih murah ataupun bervariasi. Untuk menghemat waktu dan tenaga, Anda bisa memanfaatkan filter yang tersedia di situs online untuk menyaring hasil pencarian berdasarkan brand dan juga harga.

{Baca juga: 10 HP Gaming Murah 1 Jutaan Terbaik Agustus 2021, Bisa Main PUBG}

Setelah ketemu, Anda tinggal mempelajari spesifikasi dan cek garansi. Jangan lupa juga untuk membaca aturan pengembalian jika produk rusak dengan seksama.

4. Cek Reputasi Penjual

Tips Beli HP Murah Harga Rp 3 Jutaan
Realme C25

Tips untuk beli HP murah dan berkualitas dengan harga di bawah Rp 3 juta lainnya adalah, cek reputasi dari penjual. Tak ada salahnya untuk mengetahui reputasi dari penjual yang ingin dituju, karena Anda pun harus berjaga-jaga agar tidak ditipu.

Jika Anda membelinya secara online, Anda bisa cek rating maupun review para pembelinya di sana. Sebagai info, rating dan review dari pembeli merupakan hal yang tidak bisa dimanipulasi. Sebab, hanya pembeli yang transaksinya sudah berhasil dan selesai yang bisa memberikan ulasan dan bintang ada penjual.

Jadi jika bintang dan rating yang dimiliki tergolong tinggi hampir sempurna, maka Anda bisa merasa lebih aman dan yakin untuk beli hp baru di toko online tersebut. Kerap kita melihat komentar “biar bintang yang berbicara”, bukan?

5. Bandingkan Harga

Tips Beli HP Murah Harga Rp 3 Jutaan
Redmi 9T

Selayaknya membeli barang kebutuhan di pasar, Anda juga harus pintar-pintar membandingkan banderol di beberapa toko sebelum memutuskan untuk beli HP murah dengan harga di bawah Rp 3 juta.

Di toko online, Anda tinggal menggunakan filter untuk mengurutkan produk dari harga termurah hingga termahal. Anda pun bisa lebih mudah memilih ponsel yang diinginkan.

Apabila sudah menemukan HP harga murah yang Anda inginkan, tinggal lakukan pembelian dan bayar pesanan tersebut. Anda pun hanya tinggal menantikan barang idaman sampai ke rumah dengan selamat.

{Baca juga: Tips Belanja di Amazon Tanpa Kartu Kredit dan Cara Hitung Pajaknya}

Apabila masih ragu untuk beli HP secara online, Anda bisa mencoba membelinya di situs e-commerce Blibli yang memiliki sistem perlindungan yang baik untuk pelanggan.

Konsumen bisa melakukan refund dana jika barang yang diinginkan berbeda dari yang dijual. Anda pun bisa menghubungi pihak customer service untuk dibantu jika ada masalah dengan seller.

Itu tadi beberapa tips untuk beli HP murah dan berkualitas dengan harga di bawah Rp 3 juta. Dengan begini, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir saat beli ponsel secara online meski dananya pas-pasan. Anda juga bisa melihat rekomendasi HP terbaik melalui kanal Telset Gizmo. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0