telset

Tak Perlu Kamus, Google Translate Bikin Kamera HP Jadi Penerjemah

Telset.id – Bahasa menjadi salah satu kendala bagi orang yang kurang fasih berbahasa Inggris saat sedang traveling ke luar negeri. Tapi tak perlu khawatir, karena kini kamera smartphone bisa jadi penerjemah yang akurat

Dulu banyak orang yang membawa ‘kamus saku’ untuk mengatasi kendala tersebut. Tapi di era teknologi maju seperti sekarang, Anda bisa menggunakan smartphone untuk mengganti cara “jadul” menggunakan kamus saku.

Apa yang akan Anda lakukan ketika menemui papan informasi atau tulisan penunjuk jalan berbahasa Inggris ketika Anda sedang berada di luar negeri? Jangan Anda menjawabnya dengan mengatakan “membuka kamus”, karena itu adalah cara yang sangat ribet.

Menggunakan Google Translate sebagai alat penerjemah? Boleh saja, tapi apakah Anda akan mengetikkan setiap kata yang ada pada papan informasi satu persatu di Google Translate? Tentu akan memakan waktu yang lama.

Cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut adalah cek terjemahan menggunakan kamera. Bagaimana cara melihat terjemahan dengan kamera HP?

Cara Pakai Google Translate dengan Kamera

Berikut trik pakai Google Translate menggunakan kamera. Cara ini memang masih akan menggunakan salah satu aplikasi translator populer yakni Google Translate. Yuk simak caranya!

{Baca juga: Wow! Kamera Google Translate Bisa Terjemahkan 100 Bahasa}

  • Jika Anda yang belum menggunakan Google Translate, download aplikasi tersebut di Google Play Store atau App Store.
    google translate
  • Jika sudah jalankan aplikasi tersebut, kemudian Anda pertama kali diharuskan untuk menentukan bahasan utama dan bahasa yang biasanya Anda terjemahkan. Di sini kami mengaturnya masing-masing adalah Indonesian dan English. Jangan lupa juga, aktifkan opsi Translate offline agar jika Anda tidak memiliki kuota internet, Anda masih bisa menterjemahkan kedua bahasa tersebut. Jika sudah tekan tombol Done.

{Baca juga: Google Home Kini Bisa Jadi Penerjemah Virtual}
google translate camera mode

  • Selanjutnya, tekan tombol berbentuk kamera tepat di bagian kiri bawah text box untuk mengaktifkan Google Translate camera mode. Jika aplikasi meminta akses untuk bisa menggunakan kamera, izinkan akses tersebut dengan menekan tombol Allow.

 

{Baca juga: Google Rilis Penerjemah Offline, Pesaing Microsoft Translator}

 

  • Kemudian, arahkan kamera ke papan informasi atau lainnya dan secara langsung terjemahan dari papan informasi akan muncul di layar smartphone
    tutorial terjemahan menggunakan HP
  • Jika Anda kurang suka dengan terjemahan secara real-time, tekan saja tombol berbentuk mata hijau di kanan bawah layar, dan otomatis fitur itu akan mati. Sebagai gantinya, Anda harus mengambil foto papan informasi atau lainnya, dan Google Translate akan menterjemahkannya untuk Anda.

Nah, itu tadi trik untuk menjadikan kamera di smartphone sebagai alat penerjemah. Cara gampang banget kan. Kamu bisa langsung mencobanya di smartphone kalian. [MS/HBS]

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0