Apa Itu Google Play Protect? Begini Cara Menggunakannya

Telset.id – Apa itu Google Play Protect? Apa fungsinya? Bagaimana menggunakannya? Pertanyaan tersebut mungkin ada di benak Anda.

Apa itu Google Play Protect? Secara garis besar, aplikasi atau layanan ini berguna untuk membantu menjaga keamanan aplikasi dan data di perangkat.

Play Protect bertugas memeriksa perilaku berbahaya di aplikasi dan perangkat dari Google Play Store sebelum Anda mengunduh atau melakukan download.

Play Protect mendeteksi aplikasi yang berpotensi membahayakan dari sumber-sumber lain. Aplikasi berbahaya tersebut biasa disebut sebagai malware.

Play Protect dapat menonaktifkan atau menghapus aplikasi berbahaya dari perangkat dan mengirim notifikasi privasi jika ada akses informasi pribadi.

Play Protect bahkan dapat mereset izin aplikasi untuk melindungi privasi Anda di perangkat yang mempunyai sistem operasi versi Android tertentu.

Google mengembangkannya guna melindungi pengguna dari berbagai serangan siber melalui aplikasi. Play Protect bisa Anda pasang secara manual.

BACA JUGA:

Apa itu Google Play Protect?

Biar semakin jelas, Telset akan uraikan lebih lanjut tentang Play Protect. Play Protect adalah sistem anti-malware di perangkat berbasis Android.

Play Protect mempunyai sistem khusus yang berfungsi mencegah instalasi aplikasi berbahaya yang mengancam data maupun perangkat Android Anda.

Play Protect didukung oleh teknologi mesin pembelajaran Google yang bisa beradaptasi dan senantiasa berkembang secara kontinyu sepanjang waktu.

Dengan kata lain, Play Protect bakal bisa menyesuaikan diri dengan beragam malware baru sehingga pengguna benar-benar terhindar dari serangan.

Untuk melindungi perangkat dan data secara lebih baik, Google memanfaatkan kemampuan proteksi yang disintegrasikan dengan sistem keamanan berbasis cloud.

Dengan demikian, Play Protect akan terus mendapat pembaruan untuk meningkatkan fungsi. Proses pemindaian otomatis pun berlangsung setiap hari.

Cara Menggunakan Google Play Protect

Untuk memakainya, Anda harus melakukan pengaturan agar Play Protect bisa memindai secara otomatis. Begini cara mengatur pemindaian otomatis Play Protect:

  • Buka aplikasi Play Store
  • Ketuk foto profil Google
  • Pilih menu Play Protect
  • Ketuk tombol Play Protect Settings (ikon roda gigi) di pojok kanan atas
  • Matikan atau hidupkan opsi Scan app with Play Protect dan Improve harmful app detection

BACA JUGA:

Selain memindai malware secara otomatis, Play Protect juga mendukung fitur khusus untuk menghapus izin akses dari aplikasi yang memang jarang dipakai.

Untuk menggunakan fitur khusus tersebut sangat mudah. Anda cukup membuka menu Permissions for unused apps yang ada di halaman Play Protect Settings.

Nah, itu tadi penjelasan tentang Google Play Protect dan bagaimana cara penggunaannya. Semoga bermanfaat. [SN/HBS]

12 KOMENTAR

  1. Terima kasih banyak min atas penjelasannya serta panduannya mengenai google play protect. Sangat membantu dan bermanfaat bagi saya untuk menambah ilmu.

  2. Google Play Protect secara otomatis memeriksa aplikasi yang Anda unduh dari Google Play Store, serta aplikasi yang sudah terpasang di perangkat Anda. Layanan ini menggunakan teknologi pemindaian canggih untuk mengidentifikasi dan menghapus aplikasi yang mengandung malware, virus, atau ancaman keamanan lainnya.

  3. Google Play Protect secara otomatis memeriksa setiap aplikasi sebelumnya dan setelahnya diunduh dari Google Play Store. Hal ini membantu mencegah pengguna mengunduh aplikasi berbahaya yang dapat merusak perangkat atau mencuri data pribadi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI