Sistem ‘Pasif Wi-Fi’ Baru Gunakan Daya 10.000 Kali Lebih Sedikit

Telset.id, Jakarta – Sekelompok mahasiswa dari jurusan teknik di Universitas Washington telah menyusun sebuah sistem Wi-Fi baru. Diberi nama “Pasif Wi-Fi,” sistem baru ini menggunakan listrik 10.000 kali lebih kecil dari Wi-Fi konvensional. Dan disebut-sebut akan bekerja dengan lineup smartphone dan router saat ini.

Sementara tim telah berhasil mengurangi penggunaan daya, sebuah upaya untuk membuatnya bekerja dengan baik di udara kini tengah diupayakan. Dengan kata lain, kecepatan unduh 11Mbps yang telah dicapai sejauh ini berada dalam rata-rata kecepatan unduh LTE, tetapi para insinyur yang mengerjakan proyek ini mencoba untuk meningkatkan throughput.

Dilaporkan PhoneArena, Selasa (13/12/2016), tim Universitas Washington (yang mengerjakan proyek ini) mengatakan bahwa teknologi baru ini dapat berujung pada jenis baru dari komunikasi yang tidak bisa dirancang sebelumnya karena kebutuhan daya dari sistem Wi-Fi saat ini.

Anda dapat memeriksa Pasif Wi-Fi bekerja dengan mengklik video di bagian bawah:

“Kami ingin melihat apakah kami bisa mencapai transmisi Wi-Fi dengan tidak menggunakan daya sama sekali. Itu pada dasarnya apa yang diberikan Pasif Wi-Fi. Kita bisa mendapatkan Wi-Fi dengan daya yang 10.000 kali lebih sedikit dari yang terbaik yang ada di luar sana,” kata Shyam Gollakota, asisten profesor ilmu komputer dan teknik, Universitas Washington.

Hingga berita ini diturunkan, tidak ada informasi mengenai kapan teknologi ini akan dipasarkan, namun jika Pasif Wi-Fi dapat memberikan kecepatan data yang lebih cepat saat menggunakan lebih sedikit energi, kedengarannya seperti sesuatu yang layak ditunggu. [IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here