Siapkan Snapdragon 845, Qualcomm Gunakan Proses 7nm

Telset.id, Jakarta – Sementara Snapdragon 835 masih menjadi chipset yang sulit didapat saat ini, Qualcomm disebut-sebut tengah menyiapkan chipset unggulan berikutnya. Penerus ini diperkirakan akan bernama Snapdragon 845 dan akan dibangun dengan menggunakan proses 7nm.

Menurut laporan PhoneArena, SoC ini kemungkinan akan ditemukan di tahun depan, dengan Samsung Galaxy S9 akan menjadi handset high-end pertama yang menggunakannya. Samsung Galaxy S9 sendiri kemungkinan besar akan mengambil momen MWC sebagai ajang perkenalannya, mengacu pada waktu perilisan chipset yang konon akan berlangsug di awal tahun 2018.

Selain Snapdragon 845, chipset lain yang akan diproduksi dengan proses 7nm tahun depan akan datang dari Kirin Huawei, MediaTek, dan Nvidia. Chip high-end saat ini, seperti Snapdragon 835, diproduksi dengan menggunakan proses 10nm. Proses 7nm sendiri disebut-sebut akan meningkatkan kinerja dari 25% menjadi 35%.

Disamping itu, ini juga berarti pengurangan ukuran chip, yang dapat berakibat pada berkurangnya ukuran handset untuk model yang menggunakan Snapdragon 845.

Pekan depan, Qualcomm diperkirakan akan mengungkap chip mid-to high-end baru yang disebut Snapdragon 660. SoC ini diperkirakan akan ditemukan di dalam seri Samsung Galaxy C yang baru, Xiaomi Redmi Pro 2, Xiaomi Mi Max 2, Oppo R11 , Vivo X9s Plus, Nokia 7 dan Nokia 8.

SoC ini memiliki empat core Cortex-A73 yang berjalan pada kecepatan clock 2.3GHz, dan empat core Cortex-A53 yang berjalan pada kecepatan clock 1.9GHz. Chip grafis yang ada didalamnya akan berupa Adreno 512, dan modem X10 LTE juga ikut disertakan. Rapid recharging ditawarkan dengan Quick Charge 4.0, dan ada dukungan untuk RAM LPDDR4X 1866 MHz serta memori flash UFS 2.1. [IF/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here