telset

Shodan, Search Engine Para Hacker

Telset.id, Jakarta – Jika Anda mengira Google merupakan search engine yang bisa menampilkan apapun yang Anda cari atau Anda mau, sebenarnya anggapan tersebut bisa saja salah. Kenapa? Karena sebenarnya Google hanya menampilkan informasi yang umum atau secara garis besar merupakan informasi yang ada di permukaan saja.

Lantas bagaimana cara kita untuk mencari tahu segala sesuatu yang bahkan Google pun “enggan” menampilkannya untuk Anda. Jawabannya adalah Shodan.

Yup, seperti yang Tim Telset.id kutip dari Tech Viral, Shodan merupakan “search engine” yang menembus backdoor internet yang pertama kali diluncurkan pada 2009 silam oleh seorang bernama John Matherly.

[Baca juga: Gawat! Indonesia Termasuk “Surganya Hacker”]

Shodan diklaim merupakan search engine yang paling menakutkan di dunia karena banyak yang menyebutkan jika para hacker di seluruh dunia menggunakan search engine ini untuk mencari sesuatu yang sama sekali tidak ada di “permukaan internet” alias deep web. Saking berbahayanya, bahkan Shodan bisa menjadi “alat” untuk mencari berbagai informasi rahasia seperti sistem lalu lintas, jaringan listrik, dan lainnya.

[Baca juga: Jangan Jadi Sembarang Hacker, Jadilah Hacker Bersertifikasi]

Perlu diingat, Shodan merupakan search engine yang biasa digunakan oleh para hacker, otomatis ketika Anda mengakses situs pencarian deep web ini, IP address, merek laptop atau PC, OS, dan lainnya akan melekat pada search engine ini dan memiliki kemungkinan akan bisa dimanfaatkan oleh para hacker. (FHP/HBS)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0